CARA MEMBUAT STEAK MURAH DAN MUDAH DI RUMAH





Hai hai para readers! Bagaimana kabar kalian? Semoga kalian sehat dan sejahtera.

Dua bulan lebih aku tidak menulis di blog ini karena jadwal kuliah yang lumayan menyita waktu, tapi akhirnya aku libur semesteran jadi aku punya banyak waktu luang nih. Bagi pembaca yang penasaran aku kuliah dimana, saat ini aku sedang kuliah di PKN STAN, silahkan membaca tulisan-tulisan blog ini mengenai PKN STAN:

Oke langsung saja ya!
Kalian pasti tahu lah olahan masakan yang bernama steak. Steak ini biasanya terbuat dari daging sapi yang biasa dimasak langsung bersentuhan dengan bara api (dibakar menggunakan arang), dipanggang, atau pun dimasak dengan menggunakan teflon. Mungkin jarang banget orang-orang yang sering makan steak di luar karena harganya yang lumayan mencuri dompet kecuali bagi para orang yang beruang (ini steak yang benar steak, kalau steak tepung sih lumayan murah). Tapi kalau aku sebagai mahasiswa dari keluarga yang sederhana, boro-boro beli steak mahal, makan ayam aja sudah serasa mewah, iya gak? 




Sesungguhnya kita juga bisa masak steak sendiri di rumah lhoh! Hanya dengan menggunakan bahan dan bumbu sederhana, kita bisa mengolah steak sendiri yang tidak kalah dengan yang dijual di restauran-restauran di luar tanpa mengeluarkan kocek yang banyak.

Langsung saja ke bahan dan alat-alatnya ya!

Kita perlu bahan:
1. Daging sapi 200 gram


Kalau menurutku, daging 200 gram sudah cukup untuk satu porsi, kalau mau lebih silahkan. Oiya, usahakan memilih daging sapi yang enak untuk dibuat steak ya, biasanya yang sering dibuat itu bagian sirloin, tenderloin. Jangan memilih bagian yang dirasa akan terasa tidak bisa empuk.

2. Bawang 3 siung




3. Merica bubuk


4. Garam

5. Minyak goreng

6. Mentega/Margarin

7. Kentang (biar steak nya tidak sepi, hehe, selain itu juga sebagai pengganti nasi)




Alat-alatnya:
1. Teflon
2. Pisau



Oke mari langsung ke cara membuatnya!
1. Pertama-tama mari kita siapkan untuk membuat kentang goreng. Kentang goreng ini selain sebagai pelengkap, juga sebagai pengenyang karena mengandung karbohidrat juga. Kalau steak pakai nasi kan rasanya aneh. Pertama kupas kentang, potong memanjang hingga berbentuk steak, jangan lupa dicuci, lalu taburi garam dan merica bubuk secukupnya.

2. Setelah itu, siapkan wajan berisi minyak dan panaskan dengan api sedang. Setelah minyak kira-kira sudah panas, masukkan kentang lalu aduk hingga berubah warna dan kira-kira matang.

3. Lalu mari kita beralih ke daging. Siapkan daging. Lalu taburi garam dan merica di setiap sisi daging secukupnya atau sesuai selera masing-masing.

4. Siapkan teflon dan beri minyak secukupnya, jangan kebanyakan, lalu panaskan. Api jangan kecil-kecil ya sob. Setelah panas, masukkan daging. tunggu hingga 2-3 menit, lalu balik. Waktu dibalik, masukkan tiga siung bawang putih, tidak usah dikupas, karena kalau dikupas, bawang mudah gosong. Tujuan diberi bawang putih adalah agar daging lebih beraroma sedap. 

5. Lalu masukkan mentega kira-kira 2 sendok makan, letakkan sebagian diatas daging, dan sebagian di teflon. setelah mencair, kita mandikan daging yang masih dimasak dengan mentega yang mencair tadi. Setelah 2-3 menit, angkat daging. 

6. Tata kentang goreng dan steak di atas piring. Steak buatan rumah pun siap untuk disantap!!


Gambar di paling atas tadi, saya dapatkan dari google, mau lihat hasil masakan saya? Ini dia dibawah. Tampang boleh tak rupawan, tetapi rasanya, tidak kalah sama yang dijual di restoran. 

Selamat mencoba! Jangan lupa like, share, comment!





Comments