Perekat 726 Perbedaan


Bahasa. Mungkin sudah puluhan bahkan ratusan kali kita mendengar atau mengucapkan kata itu. Tapi pernahkah kita bertanya-tanya apa arti dari kata ‘bahasa’?

Bahasa adalah sebuah kata yang berarti suatu kumpulan sistem lambang bunyi yang digunakan oleh sekelompok anggota masyarakat dan berfungsi sebagai alat komunikasi dan juga sarana interaksi, sehingga antara orang yang satu dengan yang lainnya dapat terhubung untuk saling bersosialisasi. Bahasa tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Karena setiap hari kita pasti menggunakan suatu bahasa untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia di muka bumi. Karena, bahasa membuat manusia-manusia dari berbagi suku, ras, dan Negara dapat bersatu dan berinteraksi.  

            Bahasa merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam proses pemersatuan bangsa Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Negara Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Indonesia merupakan Negara yang kaya akan suku, ras, dan budaya. Tentu saja hal ini membuat Negara Indonesia memiliki banyak perbedaan khususnya dalam hal bahasa. Setiap daerah pasti memiliki bahasa daerahnya masing-masing. Sampai saat ini, Negara Indonesia memiliki sekitar 1128 suku dan 726 bahasa daerah. Bayangkan saja, apabila Negara Indonesia tidak memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa, mungkin tidak akan ada yang namanya Negara Indonesia atau bahkan Indonesia akan terpecah belah menjadi Negara-Negara kecil. Bayangkan juga bagaimana cara agar rakyat Indonesia dari berbagai suku yang berbeda bahasa dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan suku yang lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkanlah suatu bahasa agar dapat mempersatukan semua perbedaan itu, yaitu bahasa Indonesia.

            Masih ingatkah kita dengan ikrar sumpah pemuda yang ketiga? Ikrar sumpah pemuda yang ketiga berbunyi, ”Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Dalam kalimat ini tersirat makna yang sangat penting akan arti dari bahasa Indonesia itu sendiri. Pemuda-pemudi Indonesia telah berikrar sudah jauh lamanya mengakui dan menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia. Sebagai warga Negara Indonesia yang baik, sudah sepantasnya kita sebagai generasi penerus bangsa menjunjung tinggi, menjaga dan mempertahankan keberadaan bahasa Indonesia. Juga sudah menjadi kewajiban kita merasa bangga akan keberadaan bahasa Indonesia, karena dibutuhkan waktu yang sangat lama diresmikannya bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi dan sebagai salah satu faktor pemersatu bangsa Indonesia.

            Dalam upaya menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia, kita harus menerapkan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-sehari dengan menggunakan kaidah-kaidah yang benar dan sesuai, bukan malah memperburuknya. Semakin dewasa ini, banyak pemuda-pemuda bangsa Indonesia yang lebih suka menggunakan bahasa gaul dalam berkomunikasi dengan teman-temannya dari pada menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kita sebagai calon pemimpin bangsa harus mampu menjaga keaslian bahasa Indonesia. Jangan sampai anak dan cucu kita di masanya kelak tidak mengetahui cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

            Selain melestarikan dan menjaga bahasa Indonesia, kita juga jangan melupakan bahasa-bahasa yang telah mempersatukan bahasa Indonesia, yakni bahasa daerah. Kita juga tetap harus menjaga dan melestarikannya agar bahasa nenek moyang kita tidak akan hilang ditelan waktu. Sehingga anak cucu kita tetap masih bisa mengetahui dan mempelajari bahasa-bahasa daerah yang sangat banyak jumlahnya agar tidak punah.

Comments