5 Aplikasi Android yang Wajib Dimiliki oleh Blogger



SafelinkU | Shorten your link and earn money
Blog adalah suatu media yang kita pakai untuk menjadi tempat tuaian tulisan kita bagi yang mempunyai hobi menulis ataupun untuk membagi sesuatu. Banyak juga orang-orang yang serius dengan hobi nge-blog ini. Hingga tak jarang banyak yang belajar dan berusaha sungguh-sungguh untuk menciptakan dan menghidupkan sebuah blog. Karena lumayan juga lhoh kalau kita jadikan nge-blog sebagai hobi kita kalau kita mampu mengelolanya dengan baik.

Nah bagi kalian yang sedang hobi-hobinya menulis blog, ataupun masih awal-awal belajar ataupun membuat suatu blog yang hidup, kamu wajib memiliki aplikasi yang menunjang hobi kamu ini. Nah apa saja ya? Baca hingga akhir ya!




#1 Blogger oleh Google 


Aplikasi ini sangat dapat menunjang hobi menulismu di blog. Kamu dapat menulis blog kapanpun dan dimanapun asalkan kamu punya aplikasi ini di android kamu. Sayangnya, aplikasi ini sudah jarang ditingkatkan lagi oleh Google, karena terakhir pembaruan tahun 2016. Lalu di aplikasi ini kamu tidak dapat melampirkan gambar di artikel kamu, tapi kamu hanya dapat melampirkan satu gambar untuk mendeskripsikan artikel kamu. Kelebihannya, aplikasi ini sangat ringan dijalankan. Selain itu, ketika kita menulis post, kita dapat menyimpan terlebih dahulu, kemudian nanti kita dapat melanjutkannya lewat browser.

#2 Google Adsense oleh Google


Kalau aplikasi ini wajib dimiliki kalau kamu sudah resmi menjadi publisher Google Adsense. Lewat aplikasi ini kamu dapat mengetahui berapa penghasilan yang dihasilkan blog kamu, taksiran penghasilan, berapa jumlah klik yang diklik oleh pengunjungmu, berapa biaya per klik, berapa pps halaman, berapa rkt tayangan, dan lain-lain. Jadi lewat aplikasi ini jadi lebih membuatmu mudah untuk melacak penghasilanmu di Google Adsense. Jangan lupa ya kalau kamu bisa menggunakan aplikasi ini kalau web kamu benar-benar sudah diterima oleh Google Adsense. Kalau sudah, jangan lupa log in di aplikasi ini, baru bisa melacak seberapa besar penghasilan kamu.


#3 Google Analytic oleh Google






Aplikasi ini berguna untuk mengecek berapa jumlah pengunjung blog kamu dari waktu ke waktu. Selain itu, lewat aplikasi ini, kamu juga lebih mudah menyimpulkan sebenarnya kata kunci apa yang sering dicari oleh para pengunjung yang mengklik web kamu. Lewat ini juga, kamu juga dapat mengetahui sebenarnya pengunjung kamu menggunakan platform apa, gadget apa dan lain-lain. Sehingga kamu nanti dapat membaca tren apakah pengunjungmu itu meningkat dari waktu ke waktu atau malah menurun.


Mengapa Canva? Melalui aplikasi ini, kamu jadi lebih mudah melakukan desain gambar artikel ataupun desain untuk web kamu lewat smartphone. Karena pasti pengunjung akan lebih tertarik dan betah membaca kalau artikel yang kita buat ada gambarnya dibandingkan tulisan saja bukan? Penggunaannya yang mudah dan simpel dan tidak perlu membutuhkan waktu lama menjadi poin tambahan aplikasi ini.





Nah kalau aplikasi ini dari pihak ketiga. Aplikasi ini lebih memiliki banyak keunggulan daripada aplikasi Blogger oleh google. Mengapa? Karena aplikasi ini memungkinkan kita untuk menulis post kita dengan menu yang lengkap, tidak seperti aplikasi blogger. Contohnya, lewat aplikasi ini kita dapat melampirkan beberapa gambar secara langsung dalam satu post. Jadi aplikasi ini seperti memindahkan cara menulis post dari browser ke aplikasi smartphone. Selain itu, kita juga dapat melihat statistik blog kita, dan komentar-koentar blog kita. Namun setelah mencoba aplikasi ini, banyak kekurangan yang menghambat proses blogging. Seperti lamanya proses menyimpan post jika terdapat banyak gambar, dan adanya iklan di aplikasi ini yang cenderung menghambat produktivitas. Sehingga kamu perlu membeli aplikasi ini jika tidak ingin bertemu iklan.






Nah kiranya itu saja lima aplikasi rekomendasi Choccola! Jangan lupa share, dan komen! Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:
Cara Menyisipkan Iklan Adsense pada Artikel Blog

SafelinkU | Shorten your link and earn money
#blogger #blogging #bloggerlife




Comments