Pengalaman Mengganti Domain dari Blogspot ke .com Lewat Domainesia


Kalau kalian sedang browsing google, lalu hasil penelusuran kata kunci ada yang merekomendasikan situs yang berdomain blogspot dan ada situs yang berdomain .com, mana yang akan kamu pilih? Kalau aku sih situs yang berdomain .com hehe. Kenapa? Karena ada nilai plusnya, lebih terpercaya sedikit lah hehe. Mungkin guru kalian ataupun dosen kalian jika memberi tugas apapun itu selalu berpesan untuk tidak mencari sumber dari blogspot, iya gak? Nah itulah salah satu sisi positifnya, disamping memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.



Jadi sebelumnya, situs ini bernama choccola.blogspot.com, lumayan susah dieja dan terlalu panjang bukan? Setelah kurang lebih blog aku berumur satu tahun, aku berinisiatif untuk membeli domain baru, menjadi suaramuda.com. Tujuannya agar mudah diingat, singkat, dan meningkatkan traffik blog.  Waktu berinisiatif mengganti domain, sempat bingung mau beli domain dimana. Jadi aku survey dulu pihak ketiga yang menyediakan domain. Kalau beli lewat blog, domain .com lumayan mahal, sekitar Rp 170.000,00 per tahun. Lalu aku survey lewat google. Ada pihak yang menawarkan domain .com seharga Rp 135.000,00/tahun, ada yang Rp 99.000,00/tahun. Langsung aku pilih yang Rp 99.000,00 dong. Nah itu aku beli melalui Domainesia. Itu belum termasuk PPN ya, tahukan berapa PPN? Yup betul 10%. PPN adalah singkatan dari... Pajak Pertambahan Nilai. Ngomong-ngomong ini ga sampai sepuluh ribu sebulan jadi sangat lumayan.

Nah caranya gimana nih?

  1. Pertama kamu harus buat akun dulu guys di domainesia.
  2. Lalu kamu pilih kategori domain, terus pilih domain kamu, kalau tersedia kamu bisa membeli kalau tidak berarti kamu harus ganti nama.
  3. Setelah kamu menemukan domain sesuai isi hatimu, pilih beli.
  4. Lalu kamu disuruh membayar. Ada banyak metode pembayaran, bisa transfer bank, VCN, Paypal, Gopay, Visa/Mastercard dll.
  5. Setelah itu selesai! Domain terbeli
Lhoh cara masang domain yang dibeli dari domainesia gimana dong?
Tenang-tenang, tadinya aku juga bingung, tapi untungnya ada tutorialnya step per step lengkap dan jelas, yaitu disini.




Semoga berhasil bagi yang berniat membeli domain. Silahkan berkomentar jika ingin bertanya lebih lanjut, aku akan berusaha untuk membalas secepat mungkin. Semoga bermanfaat.






Comments