Akhirnya Blog Diterima Google Adsense!

Perjalanan Menjadi Seorang Blogger hingga Suka Duka Menjadi Penayang Adsense





Singkat cerita aku adalah seorang penulis blog amatir. Pertama kali mengenal blog adalah sejak SMP, saat guru TIK menyuruh siswanya membuat blog pribadi. Setelah itu, tidak tertarik lagi menyentuh blog. Kemudian waktu SMA pun ada tugas untuk membuat blog, dan tiap ada tugas diwajibkan diposting di blog tersebut. Waktu itu belum terlalu paham bagaimana mengelolanya, untungnya ada temen cowok yang lumayan mahir hal-hal begituan, karena waktu itu ada disuruh mengelola blog dengan html-html gitu.

Kemudian cerita berlanjut saat kuliah, saat itu kira-kira saya duduk di semester 2. Waktu itu kuliah terasa gabut sekali. Kemudian ada libur kuliah yang cukup lama, jadi timbul inisiatif untuk membuat sebuah blog yang dulu tujuannya untuk menuangkan suatu hal yang bermanfaat melalui tulisan, karena aku itu orangnya introvert hehe. 




Setelah membuat blog, lalu saya tahu kalau ternyata blog bisa menghasilkan uang. Yaitu melalui Adsense. Sejak saat itu, saya langsung tergiurlah. Kemudian saya mencoba mendaftar adsense dan mendaftarkan blog saya. Pertama kali coba, saya gagal. Tapi percobaan kedua, alhamdulillah berhasil. Seneng banget dong aku.

Jadi kira-kira saya diterima adsense pada bulan Oktober atau September 2018. Nah bodohnya nih ya, dulu aku gak tau bagaimana cara menempatkan adsense di tiap postingan yang aku buat. Yang aku tahu cuman nempatin adsense di tata letak blog melalui blog. Bodoh banget kan, jadi sampai kurang lebih setahun aku diterima adsense, penghasilan adsense ku cuman Rp 13.000,00. Lalu aku cukup pesimis saat itu.

Terus, setelah aku kuliah duduk di semester 4, liburan semester cukup lama. Karena banyak waktu dan gabut, aku coba melihat-lihat youtube dan artikel yang berhubungan dengan adsense blog. Cukup tercengang karena ternyata blog yang diolah secara profesional bisa menghasilkan uang jutaan perbulan. Mulai dari situ, aku belajar bagaimana cara menempatkan iklan adsense yang benar. Akhirnya aku tahu bagaimana menempatkan iklan di artikel guys. Setelah itu, Sekitar sebulan penghasilan adsense meningkat, kira-kira Rp 50.000,00 lah. Cukup meningkat dari pada penghasilan sebelumnya yang hanya Rp 13.000,00 pertahun karena tidak dikelola dengan baik. Sejak saat itu, aku mulai giat menulis, untuk meningkatkan traffic.



Kemudian, tiba-tiba saya kepikiran untuk merubah domain blog dari choccola.blogspot.com, menjadi suaramuda.com. Hal itu saya lakukan agar pengunjung Indonesia tidak kesusahan dan tentunya dengan membeli domain .com, blog aku lebih dikenal. Setelah aku ganti domain, aku menghadapi masalah adsense guys :"). KEtika medaftarkan situs baru di akun adsense aku, ga langsung diterima. Mungkin itu terjadi karena sebelumnya  aku menempatkan terlalu banyak iklan. Pihak adsense lalu menyuruh saya untuk meninjau ulang. Ketika itu, aku langsung menghapus kode-kode html adsense, lalu aku minta peninjauan ulang ke adsense. Dan sampai penulis menulis pengalaman ini, belum ada keputusan dari pihak adsense. Minta doanya ya guys!

Nah sekian perjalananku menjadi seorang blogger pemula yang masih perlu belajar dan belajar. Silahkan tulis pertanyaan kamu di kolom komentar, aku akan berusaha untuk membalas secepat mungkin. Semoga bermanfaat!




Comments