Dalgona Coffee Kamu Gagal? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya




Salah satu minuman yang lagi hits saat ini adalah Dalgona Coffee. Kopi yang disajikan dengan cara mengolah yang berbeda membuat banyak orang penasaran untuk bisa membuat sendiri. Apalagi dengan keadaan saat ini yang sedang berada di tengah wabah corona sehingga semua orang dianjurkan untuk #dirumahsaja.

Ketika membuka media sosial, kamu pasti sering melihat story, twit, bahkan postingan teman kamu yang mencoba membuat dalgona coffee. Dalgona coffee ini memang unik. Biasanya jika ingin membuat kopi sendiri tinggal memasukkan kopi, gula, air lalu di aduk, dalgona coffee tidak demikian.

Katanya sih butuh perjuangan keras untuk membuat kopi kekinian ini. Sampai banyak meme-meme yang beredar tentang perjuangan membuat dalgona coffee.




Tapi tidak semua orang yang mencoba membuat dalgona coffee ini berhasil. Mungkin ini penyebab dalgona coffee kamu tidak berhasil:

1. Salah perbandingan gula, air, kopi.
Untuk membuat dalgona coffee, kamu juga harus memperhatikan perbandingan takaran antara gula, kopi, dan air. Perbandingan yang digunakan adalah 1:1:1. Misal kalian membuat menggunakan 2 sendok makan, maka letakkanlah 2 sendok makan kopi, 2 sendok makan air hangat dan 2 sendok makan gula. Jika terlalu banyak air, tentu akan lebih susah membuat adonan dalgona coffee menjadi kaku.

2. Menggunakan jenis kopi yang salah.
Sejauh informasi yang beredar, kopi yang bisa digunakan untuk membuat dalgona coffee adalah nescafe. Namun jika kamu berhasil mencoba membuat menggunakan merek kopi lain, silahkan tulis di kolom komentar ya.

3. Teknik mengaduk yang salah.



Jika ingin mengaduk manual, alat yang bisa digunakan untuk menghasilkan adonan dalgona coffee yang maksimal adalah saringan kecil (biasanya digunakan untuk menyaring teh tubruk). Jika menggunakan alat ini, kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 menit untuk mengaduknya. Jadi jangan heran jika kamu menggunakan sendok untuk mengaduk, butuh waktu yang sangat lama. 
Jika ingin lebih cepat lagi, kalian bisa menggunakan mixer jika ada.

Berbicara tentang membuat dalgona coffee, mimin sekarang akan share pengalaman mimin membuat dalgona coffee. Mimin juga pernah gagal membuatnya lho. Penyebabnya adalah, kebanyakan air. Ketika mencoba mengaduk menggunakan saringan, kopi ga ngembang-ngembang. Mimin bahkan langsung memakai mixer supaya cepat mengembang. Hasilnya? Berhasil membuat busa tapi ketika disajikan langsung mencair hehehe.
Dalgona coffee yang kebanyakan air

Berhasil mengembang tapi tetap kurang kaku




Lalu percobaan kedua, mimin mencoba membuat dengan perbandingan 1:1:1. Hasilnya? Berhasil! Hanya dengan diaduk dengan saringan, kopi berhasil mengembang dan kaku.
Nah sekian pengalaman mimin, selamat mencoba di rumah ya! Jika kamu punya resep lain, atau tips lain, silahkan komentar! 

#dalgonacoffee
#dalgonacoffeegagal
#resepdalgonacoffee
#tipsmembuatdalgonacoffee



Comments