Foto: Petugas Lapas manfaatkan Teknologi Kamera Intercom.

BANGKINANG - Perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang begitu pesat tentu dapat mempermudah pelaksanaan Tugas dan Fungsi (Tusi) suatu organisasi jika dimanfaatkan dengan bijak. Mengambil kesempatan itu, Lapas Kelas IIA Bangkinang Kanwil Kemenkumham Riau memanfaatkan Teknologi Kamera Intercom guna membantu pengawasan Petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U), Kamis (02/02).

Kamera intercom yang tepat dipasang pada area depan pintu P2U ini dapat membantu petugas dalam rangka melaksanakan pengawasan masuknya petugas maupun pengunjung yang ingin masuk ke Lapas Bangkinang. 

“Kamera intercom ini dapat memaksimalkan Tusi dari Petugas P2U, yakni melihat dan mengawasi orang yang ingin masuk ke Lapas Bangkinang,” ujar Mishbahuddin, Kepala Lapas Bangkinang.

Ia menambahkan bahwa Kamera intercom adalah suatu alat untuk berkomunikasi secara audio visual dengan tamu sebelum diijinkan masuk, yang sangat berguna sebelum menerima tamu, apalagi dalam rangka melaksanakan deteksi dini terhadap pengunjung yang ingin masuk ke Lapas.

“Sebelum tamu atau pengunjung yang ingin masuk ke Lapas, kita dapat berkomunikasi secara audio visual untuk menanyakan tujuannya berada di Lapas. Disisi lain, kita juga dapat melaksanakan deteksi dini dan mendata langsung pengunjung yang masuk ke Lapas Bangkinang,” tambahnya menjelaskan.

Mishbah menyampaikan bahwa disediakannya kamera intercom juga untuk melindungi Petugas P2U dari potensi adanya gangguan keamanan dan ketertiban pada Lapas Bangkinang.

“Kamera intercom ini juga dilengkapi layar monitor yang dapat dijadikan spion bagi Petugas P2U, jika ada gerak gerik Tamu yang mencurigakan maka dapat dilaksanakan tindakan terukur sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku,” pungkasnya.(**)