Foto : Bupati Tulungagung (tengah) membuka pelatihan Literasi Keuangan PNM di GOR Lembupeteng.

TULUNGAGUNG - Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo membuka pelatihan Literasi Keuangan Permodalan Nasional Madani (PNM) di GOR Lembupeteng, Kabupaten Tulungagung, Kamis (11/5/2023).

Dalam keterangannya Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan program literasi keuangan yang digagas oleh PNM Cabang Tulungagung.

"Kegiatan ini sejalan dengan kebijakan pemerintah Kwbupaten Tulungagung dalam rangka mendorong dan membangkitkan perekonomian di Kabupaten Tulungagung,"kata Maryoto.

Peran UMKM sangat penting dan strategis dalam ikut berkontribusi untuk membangun perekonomian daerah. Selain itu juga membantu pertumbuhan ekonomi dalam menyerap tenaga kerja dengan menciptakan peluang kerja sendiri maupun orang lain dengan membuka usaha atau bisnis dalam sektor usaha mikro maupun kecil.

"Pemberdayaan UMKM akan berjalan dan berkembang baik apabila ada sinergitas kerja sama dan akademisi sebagaimana kegiatan hari ini," ujarnya.

Dalam rangka memberdayakan dan pengembangan UMKM di Kabupaten Tulungagung, pemerintah daerah melalui OPD terkait telah memberikan beberapa fasilitas kegiatan berupa pendampingan akses di bidang peningkatan kompetensi SDM, kelembagaan, produksi, permodalan, pemasaran dan jaringan usaha.

Dikatakan Bupati, peningkatan kompetensi SDM dilakukan dengan penyelenggaraan sosialisasi dan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan yang mendukung manajemen pengelolaan usaha dan produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM serta fasilitas legalitas produk seperti PRT, sertifikasi halal, SN dan Merk dagang untuk akses permodalan yang difasilitasi melalui program dana bergulir dari pemerintah.

Selanjutnya, untuk membantu penasaran difasilitasi ruang pamer di gedung Dekranasda dan PLUT ( Pusat Layanan Usaha Terpadu ) di Kecamatan Ngantru. (Indh).