Foto : Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani

KAMPAR - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar merasa bangga dengan pelaksanan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) di Bumi Sari Madu. Demikian yang dikatakan oleh Ketua PWI Kampar, Akhir Yani.

Kata Akhir Yani, sebagai warga Kabupaten Kampar dan mewakili insan pers yang bernaung di organisasi PWI Kabupaten Kampar, ia merasa bangga bahwa sebuah iven nasional Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) Tingkat Nasional Tahun 2023 yang berkaitan erat dengan tugas-tugas jurnalistik diselenggarakan di Kabupaten Kampar.

"Kita berharap penyelenggaraan ini tidak saja kita petik manfaatnya dari sisi seremonial semata namun hakikat dari HAKIN itu sendiri, bahwa seluruh pihak baik pemerintah daerah, instansi vertikal, swasta maupun berbagai pihak benar-benar mengaplikasikan dan menjunjung tinggi keterbukaan informasi," ujarnya, kemarin.

"Sebagai pejabat publik misalnya jangan mudah "baper" ketika masyarakat, insan pers, LSM atau pihak-pihak yang membutuhkan informasi," ulasnya.

Ia mengatakan, banyak hal terjadi, ketika ada pihak yang menginginkan keterbukaan informasi, tak jarang "si pemilik" atau "pemegang" informasi ini tidak mau membuka diri bahkan ada yang juga memusuhi pihak yang membutuhkan informasi. 

"Satu hal lagi yang patut diingatkan, kepada pihak yang membutuhkan informasi hendaknya juga menjaga etika maupun tata cara mendapatkan informasi dan mengutamakan sikap-sikap yang bersahabat," tutup Akhir Yani.