Foto : Kepala BNNK Tulungagung Rose Iptriwulandhani bersama siswa siswi PAUD dan TK Islam An Nashr Kauman.

TULUNGAGUNG - Upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), terus dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tulungagung, mengenalkan bahaya narkoba kepada anak-anak usia dini yang duduk dibangku PAUD dan TK Islam An Nashr Kauman dengan guru pendamping.

Melalui 105 peserta Outing Class terdiri dari siswa siswi PAUD dan TK Islam An Nashr Kauman Kabupaten Tulungagung, mereka antusias mengikuti kegiatan kunjungan di Kantor BNNK Tulungagung, Rabu (7/6/2023).

Kepala BNNK Tulungagung Rose Iptriwulandhani, S.Psi., MM, mengatakan, Ini merupakan kunjungan rutin yang sering dilaksanakan atas permintaan dari beberapa sekolah PAUD atau pun TK yang ada di Tulungagung.

"Kami sangat mengapresiasi dalam arti ada kepedulian dan atensi dari pihak sekolah khususnya di pendidikan usia dini ada atensi untuk memberikan edukasi terkait bahaya narkoba dan juga memberikan edukasi tentang instansi BNN,"ungkapnya.

"Setiap bulan rata-rata ada satu lembaga menuju ke BNN minta untuk dijadwalkan, agar tidak bertabrakan jadwal dengan lembaga atau sekolah sekolah lainnya," imbuhnya.

Dalam materi edukasi yang berikan BNN kepada mereka diantaranya pemutaran vidio bahaya narkoba yang bisa merusak fisik dan mental generasi bangsa melalui penayangan vidio animasi atau kartun.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, anak-anak PAUD / TK diajak untuk berkeliling kantor BNN, dan diperkenalkan masing masing seksi di BNN memiliki tugas yang dilakukan beserta fungsinya.

Untuk itu, Kepala BNNK Tulungagung berharap kepada pihak sekolah khususnya Kepala Sekolah untuk memperdengarkan lagi Mars BNN.

"Ini bukan karena institusinya, tetapi dimana lirik lagu Mars BNN untuk perangi narkoba itu penuh dengan syarat pesan moral yang luar biasa untuk mengajak masyarakat, bahwasannya narkoba adalah musuh negara, musuh kita semua, ayo kita berantas , Wujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, cerdas tanpa narkoba,"jelas Rose Iptriwulandhani.

Di akhir acara, mereka akan mendapat sticker atau souvenir bertuliskan pesan anti narkoba.

Penulis : Gusti Indah