Foto : Pj Bupati Kampar Dampingi Gubernur Riau Launching Program UHC Jaminan Kesehatan Kampar Melaju.

Suaramuda.com - Untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang Prima, Pemerintah Kabupaten Kampar Melaunching Program Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Kampar Melaju (JKKM) yang diselenggarakan di Balai Bupati Kampar, Jum’at (13/10/2023).

Launching Program UHC “Jaminan Kesehatan Kampar Melaju” ini ditandai dengan Peletakan Tangan di layar digital oleh Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si bersama Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM, Deputi Direksi Wilayah II dr. Eddy Sulistijanto Hadie, MM, AAK dan disaksikan oleh Dandim 0313/KPR Letkol. Arh. Mulyadi, M.IP, Kadis Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin, Direktur RSUD Bangkinang dr Asmara Fitra Abadi, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru drg. Harie Wibhawa, AAK dan seluruh Kepala OPD ruang Lingkup Pemkab Kampar, Camat Se Kabupaten Kampar, Kapus Se Kabupaten Kampar serta Tamu undangan lainnya.

Program UHC Kampar Melaju ini merupakan Jaminan Kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Kampar yang Berobat hanya menunjukkan KTP dan KK saja bagi yang sudah terdaftar BPJS Kesehatan.

Adapun lokasi akses pelayanan kesehatan yang dapat dikunjungi yaitu seluruh Puskesmas di 21 Kecamatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang Atau RS swasta yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM mengatakan bahwa Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat di kabupaten kampar. Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar melaksanakan program Universal Health Coverage (UHC). Universal Health Coverage (UHC) merupakan suatu keadaan di mana setiap orang dapat menerima kebutuhan dasarnya berupa layanan kesehatan, mulai dari upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif demi tercapainya status kesehatan yang lebih baik,. 

“tanpa adanya kekhawatiran kesulitan finansial dalam mengaksesnya. Program UHC ini dikemas dalam program JAMINAN KESEHATAN KAMPAR MELAJU (JK2M),"ungkapnya.

Ia juga mngatakan Program Jaminan Kesehatan Kampar Melaju (JK2M) merupakan komitmen pemerintah Kabupaten Kampar dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kampar.
“Jaminan kesehatan kampar melaju untuk masyarakat yang belum memiliki jaminan, Hanya KTP kampar dan dirawat dirumah sakit dengan fasilitas kelas III,"ungkapnya.

“Namun Bupati juga tegaskan, untuk bisa mendukung program UHC tersebut Fasilitas kesehatan termasuk puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kabupaten Kampar, wajib memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara optimal dan terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan , sehingga masyarakat Kampar mendapatkan pelayanan kesehatan yang nyaman, dan berkualitas,”tutupnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si mengatakan Pemerintah Provinsi Riau mendukung Program JKN ini dan memastikan agar seluruh penduduk Provinsi Riau memiliki perlindungan dasar akan Jaminan Kesehatan dengan telah terdaftar sebagai peserta aktif Program JKN. 

“Pencapaian 95% Tahun 2023 sudah mencapai UHC tentunya capaian ini merupakan wujud komitmen nyata bahwa pemerintah telah hadir guna memastikan seuruh masyarakat Provinsi Riau telah memiliki akses terhadap jaminan pelayanan kesehatan yang bermutu,”ungkapnya.

“Saya juga mendukung dan apresiasi Kepada Pemerintah Kabupaten Kampar yang mempunyai Komitmen bersama dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berjalan dengan baik, sehingga Masyarakat di Kabupaten Kampar akan mendapatkan Pelayanan yang Prima dalam menjamin kesehatannya,”ungkapnya.

Ia juga mengatakan, dengan telah tercapainya UHC di Kabupaten Kampar ini tentunya harus seiring sejalan bahwa layanan kesehatan yang diterima, dirasakan oleh masyarakat kita juga lebih maksimal lagi.

Gubernur berharap kepada seluruh Fasilitas Kesehatan baik Rumah Sakit pemerintah dan swasta maupun puskesmas/klinik diseluruh Kabupaten Kampar dapat memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak Risau dengan berobat karna tidak ada uang.

“Saya tegaskan kepada Rumah sakit Pemerintah, puskesmas/klinik diseluruh Kabupaten Kampar agar bisa memberikan yang terbaik kepada masyrakat, yang tidak terdaftar BPJS Kesehatan, segera dibantu,”tegasnya.

“Kalau sudah UHC ini daftar BPJS Kesehatan tidak menunggu 2 minggu lagi baru aktif, sekrang didaftarkan langsung aktif kartunya,"ujarnya.

Untuk itu, dengan dilaunchingnya UHC ini, semoga menjadi ladang ibadah buat kita semua dalam membantu masyarakat kita untuk berobat gratis tanpa memikirkan uang.

Dalam hal itu, Deputi Direksi Wilayah II dr. Eddy Sulistijanto Hadie, MM, AAK mengatakan Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional mengamanatkan setiap orang berhak atas jaminan sosial untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang kayak dan meningkatkan martabatnya menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur.

Selanjutnya, dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022, salah satu instruksinya Gubernur dan Bupati/walikota mendorong target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). target tersebut, yakni 98 persen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui JKN-KIS di tahun 2024. Dan tahun 2023 ini sudah 95 Persen Penduduk Kabupaten Kampar dan alhamdulillah bulan ini sudah UHC.

“Saya ucapkan selamat dan terima kasih atas kerja kerasnya, diharapkan Kabupaten Kampar dapat menjadi penggerak bagi seluruh wilayah lain untuk lebih meningkatkan dukungannya terhadap program JKN sebagai program strategis nasional,"tutupnya. (ADVETORIAL)