Foto : Rakerprov ABTI Provinsi Riau, Bersatu dan Bersinergi Menggapai Prestasi Tertinggi.

Suaramuda.com - Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Provinsi Riau menggelar rapat kerja provinsi (Rakerprov), di Hotel Alpha Pekanbaru, Sabtu (18/05/2024).

Membahas berbagai program dan kesiapan ABTI Provinsi Riau dalam berbagai event baik tingkat Daerah seperti Liga Pelajar, Kejurprov 2024 dan 2025 serta Porprov Riau Tahun 2026, dan lebih fokus persiapan tingkat nasional PON XXI di Provinsi Aceh-Sumut 2024.

Ketua Umum Pengurus Provinsi ABTI Riau, Dr. Sahrul Akmal Latif, M.Si yang diwakili oleh Ketua Harian Pengprov ABTI Riau Dr. Jufrianis, S.Pd, M.Pd mengatakan, Rakerprov ini bertema "Dengan Rakerprov ABTI Riau Kita Tingkatkan Persatuan dan Sinergitas untuk menggapai prestasi tertinggi".

"Langkah strategis yang dilakukan pada Rakerprov ABTI Riau Tahun 2024 ini merupakan bagian daripada kepentingan kebersamaan, untuk memajukan olahraga bola tangan di Provinsi Riau. Hal ini dibuktikan dari 12 pengurus kabupaten/kota yang ada di provinsi Riau, sudah hampir 100% yang menghadiri, hanya 1 kabupaten yang berhalangan hadir," Ungkap Dr. Jufrianis.

Dr. Jufrianis, M.Pd juga menyampaikan Perkembangan bola tangan di provinsi Riau sangat melejit di bawah pimpinan Dr. Sahrul Akmal Latif, Bersama Dr. Jufrianis dan Dr. Raffly serta pengurus lainya dengan bukti bahwa Bola tangan Provinsi Riau Lolos PON Aceh tahun 2024 telah berhasil Juara Umum Pada PORWIL Se Sumatera dengan 1 Medali Emas Tim Putri dan 1 Medali Perunggu Tim Putra, Selanjutnya Dr. Jufrianis juga menyampaikan Bola Tangan Provinsi Riau Juga Sudah berhasil masuk ke dalam Sekolah Keberbakatan Olahraga Provinsi Riau dibawah Arahan Bapak Aslim, M.Pd sebagai Kepala sekolah SKO Riau dan sekaligus beliau juga sebagai pengurus ABTI Provinsi Riau.

Selanjutnya Melejit nya bola tangan di Provinsi Riau, Sudah Terlaksananya Liga Pelajar di Pekanbaru dan Kab. Kampar, serta Bola tangan Provinsi Riau juga Resmi dipertandingkan di Porprov Riau Tahun 2026 di Kota Dumai.

"Jadi Peluang untuk berpartisipasi dan berprestasi di Bola tangan sangat besar, mulai dari pembinaan Usian dini dari sekolah SD-SMP-SMA smpai Ke Perguruan Tinggi," kata Dr. Jufrianis.

Dengan bangga nya Dr. Jufrianis menyampaikan Bola tangan sudah memiliki Kurikulum untuk pengembangan bola tangan baik di tingkat sekolah maupun di perguruan tinggi.

Dr. Jufrianis dengan bangga dan yakin pembinaan bola tangan di perguruan tinggi juga akan melejit karena ada banyak Perguruan tinggi yang memiliki prodi olahraga diantaranya Universitas Riau (UNRI), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP Bangkinang), UPP Rohul, Universitas Rokania, Unisi.

Dr. Jufrianis juga menyampaikan Bola tangan semakin melaju dan melejit di provinsi Riau karena sudah memiliki Home Base latihan Tetap di Gor Universitas Islam Riau Pekanbaru yang sudah standar Internasional bersama UKM Bola Tangan UIR yang dilatih oleh Dr. Raffly Henjilito, Dr. Ahmad Yani, Dr. Alfi Candra dan Dr. Zulkifli di kampus UIR.

Pesan Ketua Umum Dr. Sahrul Akmal Latif, melalui ketua Harian Dr. Jufrianis, M.Pd kepada seluruh pengurus dan ABTI Kab/Kota se-provinsi Riau Teruslah kita sama-sama berjuang dan kompak selalu serta bersinergi tanpa ada kepentingan pribadi untuk mengembangkan bola tangan di provinsi Riau ini agar apa yang kita cita-citakan bersama tercapai.

Selanjutnya Turut Hadir Juga Ketua Umum PB ABTI 
Zulfidar Zaidar yang diwakili oleh Ibu Yulia Agustin bidang Hukum PB ABTI menjelaskan, olahraga bola tangan berkaitan dengan artikulasi dan sudah terdapat di sekolah tingkat SD, SMP bahkan kampus. Untuk Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) yang akan berlangsung di Jawa Tengah seharusnya dipertandingkan secara penuh, sedangkan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) akan dibicarakan lebih lanjut karena terkait dengan pendidikan di O2SN.

"Kalau untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) sudah tidak ada masalah, dimana kategori indoor sudah dipertandingkan dan untuk kategori beach tahun ini eksibisi di PON Aceh," katanya.

Zulfydar berharap, dengan hasil Rakerprov ABTI Riau ini bisa bersinergi dengan hasil Rakernas PB ABTI yang dilakukan pekan lalu di Jakarta, seluruh kegiatan termasuk kesiapan materi, AD/ART dan seluruh peraturan terkait olahraga bola tangan tahun ini selesai dikerjakan. Kepada seluruh perangkat mulai dari PB, Pengprov, Pengkab dan klub untuk terus mensosialisasikan olahraga bola tangan salah satunya menggunakan media sosial. 

"Kami berharap perhatian dari KONI terhadap bola tangan, secara mandiri cabor ini berjalan dengan memupuk kebersamaan menyiapkan peran ABTI agar pelaksanaan Pomnas dan Popnas berjalan mandiri," ucapnya.

Rakerprov ini juga dihadiri, Oleh Kadispora Provinsi Riau yang diwakili oleh bapak Amir Azan Kabid Pembinaan Prestasi mengatakan ucapan selamat kepada seluruh pengurus ABTI Riau atas kesuksesan nya dalam pengembangan Olahraga di Provinsi Riau.

Selanjutnya Turut Hadir juga Ketua Umum KONI Provinsi Riau yang diwakili Oleh Waka 4 Bapak AKBP Purna. M. Yunus dan Bapak Balok. Pak Yunus mengungkapkan Apresiasi setinggi-tingginya dengan ABTI Provinsi Riau karena Setengah dari jumlah pengurus provinsi terdiri dari Doktor dan juga terdiri dari Akademisi, guru dan praktisi, pak Yunus mengatakan satu2 nya cabor yang terbanyak yang bergelar doktor dalam kepengurusan organisasi, semoga ABTI Provinsi Riau semakin Melaju dan Menyala kedepannya.

Setelah Pembukaan Raker, dilanjutkan sidang pleno Rapat Kerja yang di pimpin oleh Ketua sidang Dr. Jufrianis, M.Pd, Sekretaris Dr. Raffly Henjilito, M.Pd dan Anggota Dr. Ahmad Yani, M.Pd dengan hasil Rapat sebagai berikut:

Di Bidang Organisasi ABTI Provinsi sepakat dengan ABTI Kab. Kota segera menyusun jadwal pelantikan dan rakerda dalam tahun 2024 ini serta menjalin kerja sama bersama Kadispora di daerah masing-masing.

Selanjutnya Bidang Organisasi sepakat memperpanjang 1x masa perpanjangan mandat untuk kab/kita yang masih proses pengakuan di KONI nya masing-masing di daerah.

Sedangkan Program Strategis Pembinaan Prestasi: Menyusun Kalender Event Baik Latihan dan Pertandingan di tahun 2024 baik di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Program inti tahun ini juga fokus melakukan sosialisasi derbagai lini baik di sekolah SD, SMP, SMA dan ditengah masyarakat.

Selanjutnya Bidang Binpres juga fokus menciptakan SDM Pelatih dan Wasit yang akan dilaksanakan di Bulan Juli Tahun 2024 ini, menunggu arahan dari PB ABTI.

Program Kejuaraan Pengprov ABTI Riau Sepakat dengan ABTI Kab/Kota menggilir Kejurprov di Kab/Kota di mulai dari Kota Pekanbaru, Bengkalis, Kampar, Dumai, Rohil, Inhu dan Rohul. (**)