Iklan

Iklan

,

Iklan

Bekali Anak dengan Berbagai Keilmuan, Camat Gunung Sahilan Lantik Pengurus Forum Anak Gunung Sahilan

Redaksi
23 Jun 2022, 17:15 WIB Last Updated 2022-06-23T10:15:48Z
GUNUNG SAHILAN  - Camat Gunung Sahilan Musnaini melantik pengurus Forum Anak Gunung Sahilan di halaman Istana Kerajaan Gunung Sahilan, Rabu, 22 Juni 2022.

Acara pelantikan Forum Anak Gunung Sahilan juga diisi berbagai acara lomba mewarnai, literasi pustaka keliling dan pencatatan administrasi kependudukan.

Acara Forum Anak Gunung Sahilan bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kampar dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kampar.

Hadir saat acara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Nurhasani, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Muslim, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak Edi Afrizal diwakili Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Satiti Rahayu, Camat Gunung Musnaini, Datuk Godang Kenegerian Gunung Sahilan Hutama Warman, Bunda PAUD Gunung Sahilan Elvanita

Camat Gunung Sahilan Musnaini , menyampaikan, anak-anak adalah harta yang tiada ternilai. Ia mengajak masyarakat membekali anak dengan segala keilmuan untuk menghadapi masa depan. Anak saat ini adalah pemimpin masa yang akan datang ditentukan dengan kondisi anak saat ini.

“Kepada Forum Anak Gunung Sahilan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya yang telah memfasilitasi kegiatan ini, sehingga memudahkan bagi masyarakat untuk mencatat kependudukan,” ujar Musnaini.

Kepala Dinas Pustaka dan Arsip Kabupaten Kampar Hj Nurhasani menyampaikan, pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak telah melaksanakan penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2022. 

Penilaian KLA bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pemerintah dan masyarakat sehingga memenuhi hak anak Indonesia dapat lebih dipastikan. 

“Kita ketahui bersama bahwa proses terpenting dalam pengembangan kabupaten layak anak itu sendiri yang ada di daerah guna memenuhi hak-hak anak yang memang harus dilakukan secara berkesinambungan,” jelas Nurhasani.

Ia sangat berharap penguatan koordinasi dan kolaborasi seluruh stakeholder dan kegiatan guna menjamin hak perlindungan anak, hendaknya dapat ditingkatkan. Hal ini senada yang sudah dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kampar dengan program satu desa satu pustaka.

Nurhasani menjelaskan, Kabupaten Kampar dengan jumlah pustaka 1.079 pustaka yang ada baru bisa terakreditasi 14 pustaka di Kabupaten Kampar,11 perpustaka terdapat program transformasi perpustakaan berbasis inklusisosial mendapat bantuan dari Pusnas RI. Jumlah pustaka yang ada 240 desa baru 72 desa yang ada pustakanya.

Nurhasani berharap kepada Pj Bupati Kampar memproritaskan satu desa satu pustaka.

Sementara Kadisdukcapil Muslim mengatakan, Disdukcapil berupaya menjemput bola untuk melakukan pencatatan administrasi kependudukan di wilayah Kecamatan Gunung Sahilan.

Sementara Kabid Perempuan dan Anak Satiti Rahayu menjelaskan, acara pelantikan Forum Anak Gunung Sahilan ini juga disponsori
Indofood Nutrition.

Satiti Rahayu Satiti Rahayu menambahkan, acara pelantikan Forum Anak diisi juga literasi membaca keliling memperkenalkan buku-buku kepada mereka karena zaman ini anak-anak lebih paham dengan gadget daripada buku bacaan.

“Ini akan kita tanamkan pada anak-anak juga disduk capil selalu kita gandeng untuk pemenuhan tetap administrasi bagi anak-anak dan kartu keluarga juga untuk KTP bagian usia 17 tahun anak-anak,” jelas Satiti Rahayu.(**)

Iklan