Iklan

Iklan

,

Iklan

PN Bangkinang Terapkan Sistem Peradilan Berbasis Teknologi

Redaksi
8 Jul 2022, 22:30 WIB Last Updated 2022-07-08T15:42:33Z
BANGKINANG - Pengadilan Negeri Bangkinang melakukan Press release kinerja semester 1 tahun 2022 Dan Sosialisasi SPPT-TI ( sistem peradilan pidana terpadu berbasis teknologi informasi) PTSP online Serta Public Campaign pembangunan Zona integritas Pengadilan Negeri Bangkinang kelas 1B.

Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas 1B I Dewa Gede Budhy Dharma Asmara, S.H,. M.H menyampaikan, bahwa untuk perkara-perkara kami sudah menyelesaikan dengan Rasio Penyelesain 72 persen, itu diatas rata-rata untuk penyelesaian bulan Juli 2022.

Lebih lanjut I Dewa Gede Budhy Dharma menjelaskan, Untuk perkara yang menarik yang paling tinggi sampai 37,10 persen adalah perkara Narkotika dengan 161 jumlah perkara, Pencurian 138 perkara 31,80 persen,
Perlindungan Anak 27 perkara 6,22 persen, Pelanggaran Ketertiban Umum 24 perkara 5,53 persen, Penganiayaan 14 perkara 3,23 persen, Kejahatan Perjudian 11 perkara  2,53 persen, Penggelapan 9 perkara 2,07 persen,
Penipuan 8 perkara 1,84 persen, Penebangan Kayu 6 perkara 1,38 persen, Pemalsuan Surat 5 perkara 1,15 persen Lain-Lain 31 perkara 7,14 persen.

Yang menjadi perhatian disini adalah perkara anak terutama. kami belum ada satupun perkara yang masuk itu diversi , padahal tujuan untuk perkara anak itu untuk hukuman itu adalah upaya terakhir, yang diutamakan adalah penyelesaian secara musyawarah itu yang belum bisa kami capai pada saat ini.

"In Sya Allah diwaktu yang masih tersisa mudah-mudahan ada perkara anak yang bisa kami diversikan," ujar Ketua PN

Berkaitan dengan inovasi, banyak sekali inovasi yg saat ini mudah-mudahan  masyarakat  terbantukan adalah pelayan terpadu satu pintu secara online.

"Masyarakat tidak perlu lagi dua tiga kali datang ke kantor kami, cukup melalui online dulu selanjutnya tinggal datang mengambil apa yang dimohonkan secara online tersebut," kata Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang

PTSP Online (PelayananTerpadu dalam Satu Pintu) 
adalah sebuah aplikasi berbasis web yang 
dibangun untuk memberikan pelayanan kepada
masyarakat Kampar secara online.

Dibuat untuk memudahkan masyarakat
DI Era Pandemi Covid-19 Mengurangi tatap muka
tetapi tetap meningkatkan pelayanan
Hemat Waktu, Proses Aman, Proses Cepat.

6 petugas PTSP Online, Loket Hukum, Loket Perdata, Loket Pidana, Loket Umum, Meja Ecourt dan Petugas Posbakum. PTSP Online Fokus pada pengguna layanan masyarakat. Terkait dengan Perkara diatur dalam sistem tersendiri.

Cara akses PTSP online Melalui laman website 
PN Bangkinang https://pn-bangkinang.go.id/ Atau:
 https://ptsponline.pn-bangkinang.go.id

Harapan kami kedepan, Membuat PN Bangkinang ini penuh dengan prestasi, terutama berkaitan dengan Zona Integritas.

"Kami ini sebenarnya sudah cukup siap, tapi ternyata menurut penilaian mahkamah agung belum masuk dalam 30 satker yang lolos untuk penilaian selanjutnya," kata Dewa Gede Budhy Dharma Asmara.

Harapan  kami untuk selanjutnya bisalah kami mendapatkan pengakuan berkaitan dengan predikat bebas korupsi, maupun predikat birokrasi bersih melayani.

pada semester Satu tahun 2022 ini pengadilan negeri bangkinang telah mendapatkan pencapaian Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Predikat A (Excellent) sejak 2018 lalu, serta Menjuarai lomba Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang dilakukan oleh Dirjen Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung (Badilum MA) RI tahun 2020, dan 2021. (HAP).

Iklan