(Parlementaria DPRD Kabupaten Pelalawan. Ketua DPRD Baharudin Pimpin Sidang Paripurna Istimewa HUT Kabupaten Pelalawan ke-23)

PELALAWAN - Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau Baharudin S.H,. M.H Pimpin Sidang Paripurna Istimewa HUT Kabupaten Pelalawan Yang ke- 23 Tahun, di Aula gedung DPRD Pelalawan, kota Pangkalan Kerinci Provinsi Riau pada hari rabu tanggal 12 Oktober 2022. 

Dalam sidang paripurna istimewa tersebut  turut hadir Wakil Ketua I dan  Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pelalawan H. Syafrizal SE, Faisal SE,. MSi beserta 32 Anggota DPRD Kabupaten  Pelalawan serta Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan H.Zukri dan Nasarudin S.H,. M.H serta  mantan Bupati Pelalawan H. M.Harris dan, H Tengku Azmun Jaffar, serta mantan Wakil Bupati Pelalawan  Drs. H Marwan Ibrahim, Drs H Zardewan MM,  dan Sultan Pelalawan Assaidis Syarif Haji Tengku Kamaruddin Haroen, serta seluruh  elemen masyarakat Kabupaten Pelalawan dan para tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Pelalawan Baharuddin S.H,. M.H dalam sambutannya menyampaikan, di usia Kabupaten Pelalawan ke-23 tahun ini, mengajak kepada seluruh yang hadir mari  jadikan momentum ini sebagai inspirasi dan motivasi untuk mengisi setiap detik perjuangan daerah ini dengan karya yang nyata dan prestasi yang membanggakan. lalu  dibingkai dengan inovasi-inovasi yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan agar masa depan. Kabupaten Pelalawan  lebih baik dan bermakna.

"Begitu juga dengan generasi penerus negeri ini mari jadikan sejarah sebagai sebuah untaian peristiwa yang penuh makna dan hikmah sebagai wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT, Sehingga setiap tahunnya kabupaten Pelalawan merayakan hari jadi sebagaimana sudah ditetapkan dalam peraturan daerah tanggal  02 tahun 2003," Ujar Baharuddin

"Peringatan hari jadi Kabupaten Pelalawan ini banyak yang bisa di ambil strategi dan hikmah dan harus kita jadikan sebagai wahana untuk melakukan serangkaian evaluasi , introspeksi dan edukasi tentang apa yang sudah kita lakukan memberikan kontribusi dalam memberikan warna dalam perjalanan sejarah kabupaten Pelalawan," ujarnya.

Seiring pesatnya perkembangan kabupaten Pelalawan yang semakin maju, ditambah dengan perkembangan di pedesaan dan perkotaan dengan ditandai dengan adanya pembangunan infrastruktur ,namun demikian itu bukanlah barometer utama dalam menentukan tingkat kemajuan daerah, hal ini harus di imbangi dengan kemajuan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa. Serta mampu mengimbangi kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat ujarnya.

Kemajuan teknologi harus dibarengi dengan imtaq dan imtek tersebut, karena dengan bekal imtaq dan imtek diharapkan Keberadaan kabupaten Pelalawan akan semakin baik dan maju sebagaimana visi pembangunan jangka panjang daerah kabupaten Pelalawan tahun 2005 - 2025, yaitu terwujudnya Pelalawan yang sejahtera, mandiri, inovatif, dan berdaya saing global secara berkelanjutan, berpartisipasi dan beradat, beriman, bertaqwa dengan mengembangkan budaya melayu tahun 2025.Kemudian di implementasikan dalam visi  rencana pembangunan jangka menengah daerah kabupaten Pelalawan tahun 2021-2026 yaitu Pelalawan maju 2026.

Bupati Pelalawan H. Zukri dalam sambutannya pada saat mengikuti rapat paripurna istimewa Hut Kabupaten Pelalawan yang  ke-23 menyampaikan bahwa, Sidang Paripurna Istimewa ini selain dilaksanakan secara tatap muka juga diikuti secara virtual pada 12 Kecamatan  dengan dihadiri oleh Camat bersama Lurah dan Kepala Desa, Pejabat Aparatur Kecamatan dan Desa, serta Tokoh Masyarakat Kecamatan. Demikian juga dengan tayangan Live Streaming pada berbagai channel media sosial, diharapkan masyarakat Kabupaten Pelalawan bisa  menyaksikan secara langsung sidang Paripurna Istimewa ini. 

Kata Zukri, Pada tahun 2022 ini merupakan tahun kebangkitan dan Pemulihan ekonomi masyarakat,  setelah beberapa tahun belakangan ini kita di hadapkan dengan situasi pandemi COVID-19, dimana seluruh dunia juga mengalami hal yang sama, yang telah merenggut dari berbagai macam sisi kehidupan manusia.

"Kita ditantang apakah kita siap dan kuat dalam menghadapinya. Namun karena semangat untuk bangkit menyatukan semangat kita untuk bersama-sama menghadapi pandemi ini," ujarnya.

Maka marilah kita terus menjaga kemampuan, kebersamaan, tekad yang kuat dalam mempertahankan keutuhan bangsa kita kedepannya untuk menjadi lebih baik dan menjadi bangsa yang kokoh yang berdiri sejajar dan lebih maju dari daerah daerah yang lain.

Kata dia, bersempena Hari Jadi Kabupaten Pelalawan ke-23 Tahun 2022 ini diberi slogan “EKONOMI BANGKIT, PELALAWAN MAJU”.  Slogan ini dimaksudkan bahwa tahun 2022 menjadi momentum kebangkitan Ekonomi di Kabupaten Pelalawan setelah selama dua tahun dalam situasi pandemi Covid-19 sangat membuat masyarakat kita berada dalam kesulitan dan keterbatasan. Untuk itu di harapkan agar seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Pelalawan secara bahu membahu, satu kepentingan, satu semangat dan satu tujuan yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Pelalawan yang sejahtera bermartabat dan unggul. 

Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Pelalawan terus menggesa terealisasinya arah kebijakan dan Prioritas Pembangunan Daerah Kabupaten Pelalawan, antara lain:
1. Peningkatan layanan pendidikan dasar dan menengah bagi seluruh anak usia sekolah.
2. Peningkatan layanan dan akses Kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan;
3. Peningkatan ekonomi masyarakat berbasis komoditi pertanian dan perkebunan serta mengoptimalkan UMKM.
4. Pemantapan dan peningkatan infrastruktur jalan dan sarana perhubungan.
5. Penataan Kota Pangkalan Kerinci dan Ibukota Kecamatan lainnya;
6. Mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui program Pelalawan Sejuk.
7. Peningkatan Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif berbasis budaya dan kearifan lokal.
8. Peningkatan pelayanan masyarakat berbasis teknologi informasi yang didukung data terpadu dan valid.
9. Pemberian bantuan sosial bagi masyarakat miskin, anak yatim dan janda tua.
 
Bupati Pelalawan membeberkan berbagai kemajuan dan capaian prestasi Pemerintah Pelalawan seperti
Terjadinya peningkatan pertumbuhan ekonomi dimana laju pertumbuhan ekonomi Pelalawan saat ini sebesar 4,07 persen, meningkat dari tahun sebelumnya yakni 2,24 persen, kondisi ini lebih baik dari rata rata Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau sebesar 3,36 persen.

Investasi di Kabupaten Pelalawan merupakan Investasi tertinggi di Provinsi Riau mencapai 14,3 Triliun pada tahun 2021, Tingkat Pengangguran Terbuka penduduk Kabupaten Pelalawan saat ini sebesar 2,34 persen menurun jauh dibanding tahun sebelumnya yakni sebesar 5,99 persen dan juga berada jauh di bawah rata-rata Tingkat Pengganguran Terbuka Provinsi Riau yakni 4,42 persen.

Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pelalawan meningkat dari angka 71,56 menjadi 72,08 dan masuk kategori tinggi di Provinsi Riau. Tingginya IPM Pelalawan didukung oleh peningkatan pelayanan bidang Kesehatan dan bidang Pendidikan serta peningkatan pengeluaran perkapita penduduk. Peningkatan Usia Harapan Hidup dari 71,16 tahun menjadi 71,24 tahun, Rata-rata Lama Sekolah naik dari 8.50 Tahun menjadi 8,70 Tahun saat ini, angka harapan lama sekolah dari angka 12,24  Tahun naik menjadi 12,41 Tahun  pada saat ini dan Pengeluaran per kapita riil penduduk Kabupaten Pelalawan terus mengalami peningkatan dari Rp. 11,606 Juta tahun ini menjadi Rp. 11,672 Juta pada saat ini.

"Demi meningkatkan kualitas mutu Bidang Pendidikan, pemerintah Kabupaten Pelalawan berkomitmen  untuk meningkatkan SDM masayarakat dan memastikan  seluruh masyarakat harus mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan pendidikan. Bantuan Pendidikan bagi yang berprestasi akan diberikan beasiswa mulai dari jenjang pendidikan Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktoral, termasuk bagi SI kedokteran bahkan sampai dokter spesialis.Sehingga tidak ada lagi anak-anak dari masyarakat miskin dan anak yatim tidak sekolah dikarenakan kekurangan biaya," ungkap Bupati

Bidang Kesehatan Pemerintah Kabupaten Pelalawan terus komitmen mewujudkan masyarakat yang sehat, melalui peningkatan sarana dan prasarana. Manambah kebutuhan tenaga medis dan melakukan kunjugan secara berkala kepada masyarakat kurang mampu, lansia dan sebagainya. Pada saat ini Kabupaten Pelalawan merupakan satu-satunya kabupaten yang memperoleh predikat jaminan kesehatan semesta. Pelalawan berhasil mendapatkan capaian Universal Health Coverage (UHC) sebesar 95,69 persen.

Hal ini menggambarkan bahwa sebanyak 95,69 Persen masyarakat  Pelalawan sudah mendapatkan jaminan akses pelayanan kesehatan. Pemerintah Kabupaten Pelalawan juga memperoleh penghargaan di bidang kesehatan berupa Sertifikat Eliminasi Malaria tahun 2022 dari Menteri Kesehatan.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa, keberhasilan pembangunan infrastruktur juga semakin lebih baik dengan mewujudkan pembangunan berbagai ruas jalan, jembatan, dermaga, prasarana air minum dan prasarana listrik desa. Pembangunan prasarana melalui program CSR seperti pembangunan ruas jalan simpang lampu merah dan jalan koridor dengan PT.RAPP, pembangunan ruas jalan Ukui Kerumutan dengan  PT. PHE Kampar, PT. Sari Lembah Subur, dan PT. Gandaerah Hendana, pembangunan ruas jalan betung sorek dengan PT. Arara Abadi serta pembangunan tugu bono dengan PT. EMP Bentu Limited. Insyaallah seluruh kerja sama pembangunan ini sudah dimulai pada tahun 2022 ini.

Pemerintah Daerah juga melalui dukungan APBN Tahun 2022 telah membangun Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga sebanyak 3.712 pelanggan di Ibukota Pangkalan Kerinci dimana setiap rumah tangga dilakukan pemasangan instalasi dan kompor gas secara gratis yang InsyaAllah akan segera diresmikan pada Bulan November pemakaiannya.

"Pada Bidang Tata Kelola Pemerintahan berbagai kemajuan yang dicapai antara lain, keberhasilan mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap akuntabilitas laporan keuangan Pemerintah Daerah yang pada tahun ini merupakan tahun ke-10 secara berturut turut kita memperoleh opini tersebut. Selain itu kita juga terus memperbaiki maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), dimana nilai maturitas SPIP Kabupaten Pelalawan termasuk Kategori Level 3.

Pemerintah Kabupaten Pelalawan juga berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakatnya, sempena Helat Pelalawan tanggal 9 Oktober 2022 kemarin telah dilakukan launching "Klik Pelalawan" yang dapat diakses melalui genggaman tangan, sebab berbagai informasi dan pengurusan yang dibutuhkan masyarakat pelalawan sudah diintegrasikan melalui aplikasi Klik Pelalawan ini, seperti pelayanan kependudukan, kesehatan, pendidikan, pengurusan perizinan, informasi: UMKM, BUMD, harga sembako, lowongan kerja, wisata pelalawan dan informasi penting lainnya termasuk Pengaduan Permasalahan Pelayanan Publik dan Pembangunan kepada Pemerintah Daerah. 

"Begitu juga telah diluncurkannya “mobil layanan administrasi kependudukan” yang akan berkeliling ke seluruh kecamatan dan desa untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan seperti e-KTP, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Kartu Keluarga dan layanan kependudukan lainnya secara langsung di mobil layanan yg telah disiapkan tersebut," ujar Bupati.

Selanjutnya Kita juga telah melakukan pendataan terhadap masyarakat miskin, anak anak yatim piatu, orang jompo dan guru mengaji yang mana nantinya akan mendapatkan bantuan melalui program peningkatan kesejahteraan rakyat. Pendataan ini juga merupakan basis data dari pengembangan “BIG DATA” Pelalawan.

Pada akhir tahun ini, Pemerintah Kabupaten Pelalawan akan merekrut ASN berupa Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) guru sebanyak 1.056 orang. Kedepannya kita tetap terus perjuangkan untuk perekrutan P3K lainnya lebih banyak lagi tentunya dengan dukungan pemerintah pusat. Pemerinjah juga tidak akan mengambil kebijakan untuk merumahkan atau memberhentikan Tenaga Honorer yang tersisa.

Bersempena dengan ulang tahun terbentuknya Kabupaten Pelalawan ke-23 ini, Bupati Pelalawan  menghaturkan ucapan terima kasih yang setinggi tingginya kepada seluruh tokoh-tokoh yang telah memprakarsai, menggagas dan mempersiapkan pembentukan Kabupaten Pelalawan tercinta ini. 

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para tokoh dengan berbagai kapasitasnya, yang telah memberikan kontribusi dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Pelalawan. Demikian pula ucapan terima kasih kami haturkan kepada berbagai pihak, dan berbagai institusi baik di daerah maupun pusat,  yang selama ini menjadi Mitra dan Jaringan kerjasama pembangunan, sehingga Kabupaten Pelalawan dapat berhasil dan maju seperti saat ini. 

Kata bupati, kiprah kita semua masih terus dinantikan untuk kemajuan pembangunan yang lebih baik, Hanya Allah SWT jualah yang akan membalas jasa baik bapak dan ibu semua, Kami meyakini perjuangan dan cita-cita mulia para tokoh pendiri kabupaten akan dapat terwujud dan kita selaku generasi penerus dapat melanjutkan  pembangunan daerah ini dengan baik dan akan terukir dalam tinta emas sejarah Kabupaten Pelalawan. 
(Parlementaria DPRD, Haswati Hasanah)