KAMPAR - Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto memberikan pembekalan Pemilu kepada Peserta Magang di kantor KPU Kabupaten Indragiri Hilir, Selasa 27 Desember 2022.

Pada pertemuan itu, Divisi SDM dan Parmas KPU Provinsi Riau ini menyampaikan beberapa wacana kepemiluan kepada peserta magang, salah satunya terkait data pemilih pada Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Nugroho, yang akrab dipanggil Nugi ini menyampaikan bahwa para peserta magang bisa langsung mengecek apakah dirinya terdaftar dalam DPT Pemilu atau tidak melalui laman https://cekdptonline.kpu.go.id/. 

"Alhamdulillah peserta antusias mengikuti diskusi kepemiluan tadi. Kita juga mengecek di DPT Online, ternyata semua peserta magang terdaftar di DPT sesuai alamat masing-masing,” ujar Nugroho. 

Nugroho memberikan apresiasi terhadap kinerja KPU Inhil dalam melalukan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan. Menurutnya KPU Indragiri Hilir telah bekerja optimal dalam pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan. 

Peserta magang terdiri dari para mahasiswa dari kampus Universitas Islam Indragiri [UNISI]. Nuraini, salah satu mahasiswa magang merasa mendapat pengalaman baru dari edukasi kepemiluan tersebut. "Saya merasa senang dan bahagia karena mendapatkan pengetahuan baru dengan adanya pembelajaran dari KPU Riau," ujar Nuraini usai penyampaian pembekalan kepada mahasiswa magang. 

KPU Indragiri Hilir menerima peserta magang dari perguruan tinggi dan sekolah tingkat SMA sederajat. Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman kerja bagi peserta didik. "Program magang sengaja dibuka oleh KPU Indragiri Hilir untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa atau siswa di Indrahiri Hilir. Selain, itu kehadiran peserta magang juga membantu pekerjaan di sekretariat KPU Indragiri Hilir," terang Zulkifli, Anggota KPU Indragiri Hilir. 

Kehadiran anggota KPU Riau ke KPU Inhil dalam memberikan edukasi atau pembekalan magang, sangat diapresiasi KPU Inhil. Hasni, Anggota KPU Inhil, divisi SDM menyampaikan hal itu. "Kami sangat senang dengan kehadiran ketua Divisi Sosialisasi Dan Pendidikan Pemilih KPU Riau, karena bisa langsung menyampaikan edukasi kepemiluan kepada mahasiswa. Harapan kami tentu akan menambah pengetahuan bagi para peserta magang," sambut Hasni di tengah kesibukannya menghadapi penerimaan pendaftaran calon Anggota PPS di Indragiri Hilir.