JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kampar kembali meraih prestasi yang membanggakan di tingkat Nasional. Kali ini Pemerintah Kabupaten Kampar berhasil meraih peringkat terbaik kedua  Championship TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah) untuk wilayah Sumatera Kategori Kabupaten Tahun 2022.

Penghargaan ini diterima langsung oleh PJ Bupati Kampar Dr. H. Kamsol pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) P2DD yang digelar di Hotel Le Meridien Jakarta, Selasa (6/12/2022). Tema yang diangkat dalam Rakornas P2DD Tahun 2022 ini yakni "Akselerasi Digitalisasi Transaksi Pemda Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Pengelolaan Keuangan Daerah yang lebih Akuntabel".  

Turut hadir mendampingi PJ Bupati Kampar  saat menerima penghargaan tersebut,  Kepala.Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kampar Ir. Hj. Kholidah, dan Kabid  Penagihan dan Keberatan Bapenda, Williandrie Amigo Rahmola, dan pejabat terkait dilingkup Bapenda Kabupaten Kampar.

Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Kampar meraih prediket  terbaik 2 Wilayah Sumatera Kategori Kabupaten Tahun 2022 ini  tertuang dalam  Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Nomor 244 Tahun 2022.

Dalam Rakornas ini TP2DD Kabupaten Kampar masuk dalam nominasi Championship TP2DD Tahun 2022 dan kategori Digital Berdasarkan Indeks ETPD (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah) semester 1 Tahun 2022. Aktivitas Pemda/TP2DD dan para pihak yang dinilai dalam Championships 2022 diukur dari aspek proses output dan outcome.

Kemudian  terkait rakornas P2DD yang digelar di Jakarta ini merupakan tindaklanjut dari amanat Keputusan Presiden Nomor 3 tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD).

Kepala Bapenda Kabupaten Kampar Ir. Hj. Kholidah, didampingi Kabid Penagihan dan Keberatan Bapenda Williandrie Amigo Rahmola,  usai menerima penghargaan tersebut  menyampaikan rasa syukur  atas keberhasilan ini. "Alhamdulillah  doa kita terkabul, ini berkat kerja keras teamwork yang kuat dan solid," ujar Kholidah.

Kepala Bapenda Kampar Kholidah juga menyampaikan ucapan terimakasih  kepada  Pj Bupati Kampar selaku Ketua TP2DD Kampar yang senantiasa memberikan dukungan dan bimbingan kepada TP2DD Kampar,  Sekda Kampar selaku Ketua Harian, Deputi Bank Indonesia Perwakilan Riau, Bank Riau Kepri Syariah dan Team Work Solid Bapenda Kampar. 

Menurut Kholidah, raihan prestasi ini juga berkah atas sholawat bersama yang rutin dilakukan di Bapenda Kampar. "Kita (Bapenda) rutin setiap hari bersholawat, dan ini salah satu berkah yang kita dapat," ujar Kholidah.

Disampaikan Kholidah bahwa saat ini Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Kampar dari sisi pendapatan maupun belanja sudah berbasis digital. "Kita terus melakukan Inovasi untuk meningkatkan pendapatan daerah," ujarnya.

Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah RI yang telah memberikan penghargaan ini kepada pemerintah Kabupaten Kampar. 

"Penghargaan ini bukti kerja keras dan kesungguhan pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang berbasis elektronik. Banyak yang telah kita terbitkan aplikasi,  semua ini untuk efektifitas, efisiensi dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat," kata Kamsol.

Hadir Dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia Mohammad Mahfud MD, Menteri Komunikasi Dan Informatika Johnny Gerard Plate, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo,  Gubernur Riau Syamsuar, Kepala Perwakilan BI Riau Muhammad Nur. (HJ)