JAKARTA -  PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Siak meraih penghargaan dari Gubernur Riau dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau karena telah berhasil menyelesaikan proses Pengalihan Participating Interest (PI) 10 Persen di Wilavah Kerja Siak kepada BUMD. Hal ini sebagai bentuk apresiasi atas kerja sama yang baik antara semua pihak dalam keberhasilan pengalihan PI 10 persen di Provinsi Riau.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Riau, H. Syamsuar, didampingi Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau, Eva Refita, pada 21 Desember 2022 lalu di Oria Hotel Jakarta. Seremoni tersebut juga dihadiri oleh Koordinator Penilaian Pengembangan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM, Yulianto, Kepala Divisi Hukum SKK Migas, Didik Sasono Setyadi, dan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus. Menerima penghargaan, General Manager Pertamina Hulu Rokan Zona 1, Muzwir Wiratama, didampingi Pjs. Field Manager PHE Siak, Akbar Pradima, dan Head of Comrel & CID Zona 1, Djulianto Tasmat.

Dalam sambutannya, Gubernur Riau menyampaikan bahwa PHE Siak telah menjalankan PI 10% selama setahun ini dan dinilai menjadi Wilayah Kerja (WK) pertama di Provinsi Riau yang berhasil mengelola PI 10 Persen. 

“Saat ini sudah ada 7 PI di Provinsi Riau yang sedang dalam proses. Dari ketujuh KKKS tersebut, PHE Siak yang pertama berhasil dalam pengelolaan PI 10 persen. Atas keberhasilan tersebut, kami wajib mengapresiasi melalui penghargaan ini. Semoga kedepannya juga dapat memacu WK lain yang sedang berjalan proses PI-nya dan mohon dukungan dari Ditjen Migas dan SKK Migas untuk dapat mempercepat prosesnya,” ujar Syamsuar.

Menanggapi hal tersebut, General Manager PHR Zona 1, Muzwir Wiratama, bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau. “Alhamdulilah, akhirnya proses PI di PHE Siak berjalan lancar. Hal ini tak lain berkat bantuan dan dukungan dari Bapak Gubernur serta Ibu Eva selaku Kadis ESDM Riau yang senantiasa mendorong kami,dan dukungannya setiap fungsi terkait di PHE Siak, Regional 1 dan Sub Holding Upstream," ujar Wira.

Usai diskusi, acara dilanjutkan dengan foto bersama dan seremoni penyerahan Piagam Penghargaan PI 10 persen dari Gubernur Riau kepada General Manager Zona 1, Ditjen Migas Kementerian ESDM dan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut.
(***)