KAMPAR - Terobosan dan inovasi guna mengasah kemampuan wargabinaannya senantiasa diupayakan oleh Pihak Lapas Kelas IIA Bangkinang Kanwil Kemenkumham Riau. Meski berada dibalik jeruji untuk menerima pembinaan keperibadian dan kemandirian, wargabinaan justru mampu menghasilkan karya yang dapat bersaing dipasaran.

Melihat potensi yang telah terasah dari wargabinaan, Lapas Bangkinang berupaya memfasilitasi media untuk memasarkan produk karya wargabinaannya. Melalui Pojok Galery, Hasil Karya wargabinaan ini dijajakan kepada masyarakat yang ingin berkunjung di Lapas Bangkinang, Kamis (26/01).

Beragam Karya dari wargabinaan Lapas Bangkinang dipajang, diantaranya HandyCraft, Aquarium Mini, Tempat Tissue, Karya Seni Lukisan dan Karya lainnya. Nantinya akan ditambahkan Roti Bakery Kayna, Bakso Ikan, Abon Ikan, Martabak dan lain sebagainya.

“Hari ini merupakan perdana dibukanya Pojok Galery wargabinaan, jadi produk yang dipasarkan belum terlampau banyak. Nantinya akan kita lengkapi lagi dengan produk dan karya wargabinaan lainnya,” ungkap Mishbahuddin, Kepala Lapas Bangkinang saat ditemui.

“Karya-karya yang muncul dari wargabinaan ini merupakan sebuah komposisi dan sinergi yang baik antara petugas dan wargabinaan. Hubungan satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan. Terlebih peran serta petugas, yang mana harus mampu menggali potensi yang dimiliki oleh wargabinaan,” ujar Mishbah.

Ia juga menjelaskan bahwa karya yang telah dihasilkan wargabinaan ini harus terdapat media pemasarannya, yang mana nantinya akan dapat menghasilkan Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP) bagi Negara.

“Wargabinaan kita giring agar dapat berkontribusi nyata kepada Bangsa dan Negara. Jadi, mereka dapat produktif dan memberikan peran aktif melalui karya-karya yang dapat menambah PNBP, disamping turut kita berikan apresiasi kepada mereka,” ungkapnya. 

Tak lupa, Mishbah mengucapkan terimakasih kepada jajarannya yang telah bekerja memberikan dedikasi, loyalitas dan dharma baktinya kepada organisasi.

“Saya berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada jajaran yang telah bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas dan bekerja tuntas guna mewujudkan Lapas Bangkinang yang semakin maju dan jaya kedepannya,” tutupnya. (**)