Foto: Saat Pemindahan 24 Tahanan Wanita 

KAMPAR - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang, Riau, melakukan pemindahan terhadap 24 orang warga binaan ke Lembaga Pemasyarakatan perempuan Pekanbaru, Selasa (21/3).

Pemindahan warga binaan wanita itu dilakukan dalam rangka mengurangi over kapasitas serta maksimalkan pembinaan.

Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Mishbahuddin mengatakan bahwa pemindahan juga dilakukan untuk menjamin ketersediaan ruang yang cukup bagi setiap warga binaan dalam rangka optimalisasi pembinaan.

“Pemindahan ini merupakan langkah yang ditempuh sebagai bentuk tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara keamanan dan kenyamanan bagi warga binaan,” ujarnya.

Diketahui, Lembaga Kelas IIA Bangkinang telah mengalami over kapasitas. Dengan begitu pemindahan ini juga salah satu langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

"Selain itu, Lapas Bangkinang juga terus melakukan berbagai program pembinaan yang bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada warga binaan," ucap Mishba.

"Sehingga mereka dapat mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat dengan lebih baik," sambung Kalapas.

Dengan pemindahan ini, kata dia, Lapas Bangkinang dapat semakin efektif dalam memberikan pembinaan terhadap warga binaan dan membantu mereka untuk memperbaiki diri.

Disisi lain, Mishba juga tak lupa meminta dukungan dari masyarakat untuk terus memberikan perhatian dan dukungan terhadap program-program pembinaan yang dilaksanakan di Lapas Bangkinang. (**)