Foto: Kebijakan dan Pembiayaan Bagi UMKM DI Tulungagung

TULUNGAGUNG - Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam
(SDA) Setda Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan sosialisasi kebijakan dan pembiayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kabupaten Tulunggung, Selasa (7/3/2023).

UMKM sangat berperan penting dalam mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi yang tumbuh pesat di era digital.

Sosialisasi tersebut di gelar di ruang rapat Prajamukti Pemkab Tulungagung bertujuan untuk mendapatkan informasi-informasi yang up to date, relevan terkait kebijakan-kebijakan percepatan akses keuangan daerah, pembiayaan yang dikeluarkan pemerintah beserta lembaga keuangan bank dan resiko pembiayaan dari pinjaman online bagi pelaku UMKM, guna meningkatkan peranannya pada pertumbuhan perekonomian Kabupaten Tulungagung khususnya dan nasional. pada umumnya.

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Tulungagung Adi Prasetiya mengatakan, melalui acara sosialisasi ini diharapkan adanya transfer informasi akan kebijakan percepatan akses keuangan daerah dan kegiatan pembiayaan lembaga intermediasi perbankan beserta resiko dari pinjaman on line yang lebih relevan, up to date dan dapat mendukung perkembangan IKM/UMKM di Kabupaten Tulungagung, baik bagi pelaku IKM/UMKM yang sudah ada maupun pemula.

Mengingat hal tersebut merupakan salah satu icon penting untuk mendapatkan perhatian, baik dari pemerintah, swasta atau pelaku usaha maupun masyarakat terutama pada masa pemulihan ekonomi saat ini. 

Dia berharap adanya perhatian dari semua pihak dalam pelaksanaan kebijakan dan pembiayaan yang ada secara nyata dan bersifat rasional serta mudah diimplentasikan oleh pelaku IKM atau UMKM beserta lembaga intermediasi keuangan yang mendukungnya. 

Selain itu, "pada hari ini juga akan disampaikan informasi dari OJK terkait dengan financial technology atau yang sering kita kenal dengan pinjaman online agar masyarakat dapat lebih bijak dan berhati-hati dalam melakukan pinjaman secara on line," imbuh Adi Prasetiya. 

Peserta sosialisasi yang terdiri dari pelaku usaha IKM/UMKM di Kabupaten Tulungagung sebanyak 70 peserta. (INDAH)