Foto : Kades Pulau Gadang bersama dengan Tokoh Masyarakat Pulau Gadang dan Pencerwnah Ustadz Dr.Nursal

DESA PULAU GADANG - Bersempena Memperingati Hari Raya Puaso Onam Pemuda-Pemudi Dusun IV (KAMPAS) Kampung Pasar Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar Mengadakan acara Halal Bihalal Sekaligus Silaturahmi.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Pulau Gadang Syofian SH,MH Datuk Majo Sati, Ketua BPD Akhir Yani S.E, Ketua LP2A Yueni Sehendra, Sekretaris Desa Lukman Hakim, Kepala Dusun IV Ainal Yakin, BPD Dusun IV Khudriyani, Penceramah Ustadz Dr.(cand) Nursal, S.Hi., M.H, Tokoh Masyarakat Dusun IV, serta Seluruh masyarakat Dusun IV dan Tokoh masyarakat Pulau Gadang dan tidak ketinggalan Pemimpin Redaksi Media Online PugaNews.com / Kanalnsantara.com, Dien Puga.

Dalam kegiatan Halal bi Halal tersebut diisi dengan pembacaan Ayat Suci Al qur'an, Sholawat Nabi, yang dipandu oleh masing-masing petugas.

Dalam Kegiatan Tersebut Syofian SH,MH, Datuk Majo Sati Selaku Kepala Desa Pulau Gadang, Mengatakan Halal Bihalal ini adalah salah satu tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Islam di Indonesia. Tradisi ini biasa dilakukan pasca Lebaran, tepatnya di bulan Syawal.

“Tradisi halal bihalal menjadi kegiatan tahunan yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan saling memaafkan dan tradisi ini disebut lahir dari masyarakat Indonesia yang menjadi tradisi dan budaya masyarakat umum khususnya negara Indonesia,” Ungkapnya.

Lanjut, Fahrur Rozi, selaku Ketua Panitia Halal Bihalal, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran seluruh tamu undangan dan juga pihak-pihak yang telah membantu jalannya acara Ini.

"Terima kasih atas kehadiran Bapak Ibu semua di Masjid yang Kita cintai ini, dan juga terima kasih untuk semua Pemuda-Pemudi yang telah membantu jalannya acara pada pagi  hari ini,"Terang Rozi. 

Ustadz Dr.(cand) Nursal, S.Hi., M.H Selaku Penceramah, dalam tausyiahnya menyampaikan bahwa perayaan Idul Fitri adalah perayaan kemenangan mengalahkan semua hawa nafsu dalam diri. Untuk itu semua umat Islam hendaknya bisa melanjutkan kemenangan tersebut di bulan-bulan berikutnya setelah Ramadhan Tutupnya,

Dalam kegiatan tersebut pada sore hari nya dilaksanakan dengan acara permainan anak-anak, Seperti Panjat batang pinang, tarek tambang, jujung botol, perang bantal, dan lain sebagainya. (TIM)