Foto : Hewan langkah dan dilindungi Tapir di Komplek Perkantoran Bupati Pelalawan.

PELALAWAN - Sempat di hebohkan kemunculan hewan langkah dan dilindungi Tapir di Komplek Perkantoran Bupati Pelalawan beberapa hari yang lalu. 

Kini Tapir kembali muncul di permukiman warga di Pangkalan Kerinci Kota, dari informasi video yang beredar ada beberapa titik kemunculan tapir.

Pada rekaman CCTV, Tapir menampakan diri pada pukul 03.34 WIb di salah satu rumah di Simpang Kualo Pangkalan Kerinci.

Bahkan di video yang lain yang juga tersebar, salah seorang warga di Pangkalan Kerinci sempat merekam langsung hewan langka Tapirus Indicus disaat kondisi Tapir tidak bisa melarikan diri karena terhalang tembok rumah warga. 

Padahal, Tim BKSDA Riau telah menyisir tempat pertama kali kemunculan tapir di Komplek Perkantoran Bupati Pelalawan, namun hanya menemukan jejak tapir, hingga menyusuri beberapa titik yang diduga tapir bersembunyi. 

"Ya pak, tadi malam lewat depan klinik Alfarizi Jalan Seminai Pangkalan Kerinci, Aku hampir kena tabrak, untung aku sigap langsung naik tembok pagar," terang Asirudin Ketua RT yang medapat laporan dari warganya ini. 

Sementara itu, Zaka yang mengirim video ke redaksi media ini menerangkan bahwa video yang dapat dari teman WhatsApp yang berada di group. 

"Untuk lokasi video berdurasi kurang satu menit melalui CCTV itu berada tidak jauh Simpang 3 Kualo Kerinci, disalah satu rumah pengusaha transportasi di Pangkalan Kerinci," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Wilayah 1 Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Andri Hansen Siregar telah mengetahui video tapir yang beredar itu. 

"Iya pak, tadi malam hingga pagi, petugas kami mencoba utk melakukan penggiringan, namun, saat subuh mereka kehilangan jejak keberadaan Tapir," tegasnya.
(Haswati Hasanah)