Foto : Dandim 0807/ Tulungagung lakukan tanam pohon di Cemoro Sewu.

TULUNGAGUNG - Kodim 0807/ Tulungagung  melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove di pantai Cemoro Sewu  Dusun Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Senin (15/5/2023) sore.

Sebelum kegiatan  tanam mangrove  dimulai,  Dandim 0807/ Tulungagung Letkol Czi Nooris Agus Rinanto beserta OPD Lingkup Pemkab Tulungagung, anggota Posmad TNI AL dan Forkopimcam Kalidawir melaksanakan vidio Coference dengan Presiden RI Joko Widodo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, serentak oleh jajaran TNI  di seluruh wilayah Indonesia secara virtual.

Dalam kesempatan tersebut Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, bahwa dengan menanam bibit pohon mangrove kurang lebih 3,3 juta hektare di seluruh Nusantara di dunia harus terus dirawat  dan direhabilitasi.

Untuk diketahui, pohon mangrove juga  berfungsi melindungi pesisir yang  kemungkinan adanya perubahan iklim sehingga air dari permukaan laut naik atau ada gelombang besar bisa menahan.

"Ini memang proteksi alam yang memang kita berikan, saat ini baru dalam proses pembuatan, dan tanam yang  ada harus dirawat dan dijaga," kata Joko Widodo.

Penanaman mangrove akan membantu para warga setempat untuk mendapatkan hasil bumi seperti ikan, kepiting, udang dan sebagai habitat hewan yang dilindungi.

Kegiatan penanaman pohon oleh Dandim 0807/ Tulungagung Letkol Czi Nooris Agus Rinanto  dimaksudkan untuk kelestarian lingkungan yang ada di pesisir pantai, sedangkan  pohon mangrove dipilih  karena dikenal  sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai.

Dalam rangka melestarikan Hutan Mangrove di wilayah binaan  Kodim 0807/ Tulungagung  seluas 2000 M2  telah ditanami 500 pohon Mangrove.

Kata dia, dengan adanya  kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik. (Indh)