Foto : Pelatihan peningkatan SDM program pengembangan desa wisata berkelanjutan melalui peningkatan kapasitas SDM desa wisata tahun 2023.

RIAU - Pertamina Hulu Rokan (PHR) Gandeng Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau kembali menggelar Pelatihan peningkatan SDM program pengembangan desa wisata berkelanjutan melalui peningkatan kapasitas SDM desa wisata tahun 2023, Senin 26 Juni 2023.

Pembukaan pelatihan dihadiri oleh Camat Rupat Utara, Kepala Desa Tanjung Punak Asri Ismail,Kasi Kessosbud Rupat Utara Adi Putra, Ketua STP Riau Dr. Ir. Eni Sumiarsih, M.Sc

Ketua STP Riau Dr. Ir. Eni Sumiarsih, M.Sc mengatakan, Kegiatan pemberdayaan ini merupakan kegiatan lanjutan yang telah berlangsung dari akhir tahun 2021 dan dilanjutkan pada tahun 2022. Pada tahun 2022 masyarakat desa wisata Tanjung Punak, desa wisata teluk Rhu, desa wisata puteri sembilan sudah mendapat pelatihan mengenai ekonomi kreatif dibidang kuliner yang berfokus pada diversifikasi produk yang berbahan baku dari ikan laut.

Tujuan kegiatan ini diantaranya:
1. Untuk membekali dan melatih para UMKM untuk memasarkan produk secara digital marketing.

2. Untuk meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan keterampilan dalam proses digital marketing.

3. Untuk memberikan pengetahuan dasar kepada pelaku UMKM di desa wisata desa tanjung Punak, teluk Rhu, puteri sembilan tentang konsep-konsep penting dalam pemasaran digital, seperti media sosial, optimalisasi mesin pencari (SEO), iklan online, analitik web, dan strategi konten dengan memahami konsep-konsep ini, UMKM dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran digital.

4. Untuk meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM di desa wisata desa tanjung Punak, teluk Rhu, puteri sembilan bagaimana cara memanfaatkan potensi pasar yang lebih luas melalui platform online.

5. Melalui pelatihan digital marketing pelaku UMKM dapat meningkatkan pengetahuan mengenai praktik pemasaran yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.