Foto : Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo menyerahkan Petikan SK Bupati kepada Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Suaramuda.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia melaksanakan acara penyerahan petikan Keputusan Bupati tentang Pengangkatan PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja) Jabatan Fungsional Guru di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung tahun 2022, bertempat di Hotel Crown Victoria, Kamis ( 27/7/2023).

Sekretaris Daerah selaku Ketua Panitia Seleksi Pengadaan Aparatur Sipil Negara Pemkab Tulungagung Sukaji menerangkan, berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 516 tahun 2022 dan Keputusan Bupati Tulingagung Nomor 800/182/203/2022 tentang Penetapan Kebutuhan Apararur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung tahun 2022 dengan jumlah alokasi formasi tenaga guru sejumlah 1.433 formasi.

Dia mengatakan, jumlah peserta yang hadir ada 500 orang, dan peserta yang mengikuti secara daring di penempatan masing masing sebanyak 927 orang.

Pelaksanaan seleksi sesuai pasal 37 Permenpan - RB Nomor 20 tahun 2022 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk jabatan fungsional guru pada instansi daerah tahun 2022, pemenuhan kebutuhan alokasi foemasi di Kabupaten Tulungagung pemenuhan kebutuhan PPPK JF Guru untuk pelamar prioritas.

Untuk diketahui, hasil seleksi kompetensi calon PPPK Jabatan Fungsional guru yaitu, peserta di nyatakan lulus sebanyak 1.432 orang, peserta yang dinyatakan lulus mengundurkan diri satu orang dan meninggal dunia sebanyak 4 orang. Sedangkan bagi peserta yang berhak mendapatkan penetapan NI- PPPK dan nemperoleh SK pengangkatan sebanyak 1.427 orang", ucap Sukaji.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo mengucapkan selamat kepada 1.427 orang PPPK tenaga guru di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang hari ini menerima SK, dan ucapan terimakasih kepada panitia seleksi Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara ( CASN) yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

" Saya minta kepada para PPPK yang menerima SK, untuk segera dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya. Tunjukkan terbaik, karena saudara sekalian sudah menjadi abdi negara dan masyarakat, yang dituntut tidak hanya untuk bekerja keras, namun juga bekerja cerdas penuh kreatifiitas,"kata Maryoto.

Bupati berpesan kepada PPPK, agar mereka menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam bekerja, untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik. Karena tugas dan tanggungjawab yang di emban kedepannya khususnya dunia pendidikan akan semakin berat.

Menurutnya, Peran guru secara esensial harus lebih maksimal dalam melayani masyarakat yang membutuhkan dan memberikan dampak dalam peningkatan kualitas pendidikan di masyarakat, serta membentuk watak peradaban Bangsa yang bermartabat. (Indh).