Oleh Diah Fauziah Putri
Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Suaramuda.com - Pengabdian mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk Program Kampus Mengajar terus berlanjut sebagai bentuk komitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Pada Kampus Mengajar (KM) Angkatan 4, salah satu kelompok ditempatkan di dusun Selat Aur, Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. SD sasaran yang ditugaskan adalah SD Negeri 010 Pulau Birandang. 

Program KM Angkatan 4 dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023. Mahasiswa yang mengikuti program ini diberikan fasilitas oleh negara melalui dana LPDP berupa uang saku dan bantuan uang kuliah selama program berlangsung. Mahasiswa ditugaskan di SD dan SMP yang telah ditunjuk, dan umumnya berada di sekolah-sekolah yang membutuhkan sentuhan tambahan program dari pemerintah. 

Pada pelaksanaan pembelajaran, mahasiswa Kampus Mengajar membantu guru sebagai pengajar. Jadwal mahasiswa mengajar telah dibagi oleh guru wali kelas. Mahasiswa mengajar dengan mengikuti silabus serta RPP yang telah diberikan oleh wali kelas, dan mahasiswa juga diberikan media pembelajaran berupa buku saku guru untuk memudahkan mahasiswa dalam mengajar para siswa di kelas. Program ini sangat efektif karena selain membantu para guru, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman yang tentunya akan berguna di masa yang akan datang.

Mahasiswa juga mengajak para siswa untuk belajar di alam terbuka (out door)agar para siswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan di luar kelas, serta agar para siswa juga tidak bosan belajar hanya di dalam kelas saja. Kegiatan belajar out door dilakukan beberapa kali dan terbukti bahwa para siswa lebih menyukai pembelajaran di luar kelas yang dirasa lebih asyik dan menyenangkan. Mahasiswa juga membuat program literasi yang jadwalnya telah di bagi.

Kegiatan literasi dijadwalkan pada hari aktif sekolah dan diatur sedemikian rupa. Jadwal literasi kelas 1, 2, dan 3 adalah pada hari Selasa, untuk kelas 4 dan 6 adalah pada hari Rabu, sedangkan pada hari kamis adalah jadwal untuk kelas 6. Hal ini dilakukan agar kegiatan literasi lebih efektif dilaksanakan dan lebih terfokus kepada siswa. Kegiatan ini dibuat untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dari kelas 1 sampai kelas 6.

Kegiatan literasi yang dilaksanakan berbeda- beda di setiap harinya, namun tidak keluar dari konteks peningkatan literasi. Sedangkan untuk kegiatan numerasi, Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa sampai Kamis, pembiasaan yang biasa dilakukan yaitu hafalan perkalian oleh seluruh siswa SDN 010 Pulau Birandang, hafalan surah pendek dan berdoa bersama. Pembiasaan ini dilaksanakan di halaman depan kantor guru.

Mahasiswa juga menampilkan video pembelajaran menarik, membuat media pembelajaran low budget dan sederhana agar para siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Saat menggantikan wali kelas di dalam kelas, beberapa kali mahasiswa menggunakan Vidio pembelajaran dan metode lain untuk memberikan materi pembelajaran kepada para siswa, karena dipikir hal ini dapat meningkatkan cara berfikir siswa dan menambah adaptasi teknologi untuk para siswa.

mahasiswa menggunakan media video pembelajaran pada materi-materi tertentu dan menggunakan internet sebagai sumber untuk menciptakan karya inovasi pembelajaran dengan bahan sederhana yang bernilai pendidikan.

Kegiatan KM 4 di Desa Pulau Birandang ini memberi manfaat luar biasa bagi mahasiswa karena memperoleh pengalaman mengajar dan mengetahui langsung kondisi pembelajaran di sekolah. Banyak tantangan rintangan yang dihadapi, namun semua itu berakhir gembira dan penuh kehangatan, karena para siswa, pihak sekolah dan masyarakat setempat sangat mendukung keberadaan mahasiswa yang mengikuti program ini.

Hal ini sesuai dengan prinsip dari Kampus Mengajar sebagai kanal pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu semester guna melatih kemampuan menyelesaikan permasalahan yang kompleks dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.