Foto : Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Lugu Tri Handoko  saat melakukan penandatanganan kerjasama.

Suaramuda.com - Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Perikanan melakukan penandatanganan kerjasama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Kelautan dan Perikanan ( BPPSDM KKP), Selasa (19/9/2023).

Kerjasama tersebut dalam rangka sinergi pengembangan  Sumber Daya Manusia ( SDM) Kelautan dan Perikanan, dalam wujud program SMART Fisheries Village ( SFV), yang merupakan rangkaian forum kerjasama kemitraan strategis untuk  Pendidikan, Pelatihan dan Penyuluhan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Lugu Tri Handoko mengatakan, jika Kabupaten Tulungagung satu satunya Kabupaten  di Jawa Timur yang mendapatkan Program SFV Desa Patin Perkasa.

Menurutnya,  kerja sama ini sebagai  upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat  yang Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto.

Maka itu,  pengembangan SFV Desa harus terkoneksi dengan fungsi pendidikan, fungsi pelatihan, dan fungsi penyuluhan.

Untuk  pengembangan pada  fungsi pelatihan, bersama ini tim SFV Desa Patin Perkasa  melakukan pelatihan dan Bimbingan Teknis ( Bimtek) guna mendukung tugas dan fungsi teknis budidaya yang dilaksanakan  mulai tanggal 17 September sampai dengan 3 Oktober 2023.

Adapun pelatihan dan Bimtek ( Bimbingan Teknis) dilaksanakan   SFV Desa KendalBulur Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung ada banyak  materi diberikan yakni, Bimtek pembenihan dan pendederan ikan patin Perkasa,  pelatihan pembuatan pakan ikan, Bimtek pembenihan ikan hias unggul dan formulasi pakan hias, Bimtek pengoperasian Alpindel untuk pengolahan sosis corn dog patin dan ikan patin asap cair.

Selanjutnya, Bimtek pengelolaan  kualitas air untuk aktifitas perikanan berkelanjutan, Bimtek teknologi pengolahan minyak ikan patin dan produk turunannya, dan pelatihan surimi dan daging patin, pembuatan stimuno stimulant dari bahan herbal dan pengemasan. 

" SFV  adalah model pengembangan desa patin perkasa  secara terintegritasi  berkolaborasi bersama sejumlah pihak terkait yaitu pemerintah pusat dan daerah, industri, akademis, dan masyarakat", ucap Lugu Tri Handoko kepada Suara Muda.Com, Rabu ( 20/9/2023)

Dengan begitu, SFV akan  dapat  meningkatkan kapasitas SDM lewat media pendidikan, pelatihan, penyuluhan, serta inkubasi bisnis terpadu dan terintegrasi, khusus disektor prikanan.

Masih kata Lugu, Program SFV ini, tentu akan mengubah perikanan di Kabupaten Tulungagung menjadi berdaya saing, karena di dalam kegiatan ekonomi menjadi lebih beragam. (Indh).