Foto : BPBD Tulungagung Droping Air Bersih ke warga terdampak kekeringan

Suaramuda.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung mengirimkan bantuan air bersih ke daerah terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih di Dusun Dawung, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jumat (22/9/2023).

BPBD Kabupaten Tulungagung dalam penyalurannya, air diangkut menggunakan dua tangki, satu tangki berkapasitas 5 ribu liter. Meski bantuan bersifat sementara, kemungkinan dapat diberi bantuan lagi mengingat potensi kemarau sekarang ini bersifat kering.

Seperti dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tulungagung Robinson Nadeak melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Gilang, droping air bersih ke lokasi terdampak tercatat di BPBD, satu Dusun di Desa Kalibatur sebanyak 10 ribu liter untuk memenuhi kebutuhan 100 Kepala Keluarga ( KK).

Sebelumnya mereka menggunakan air HIpam ( Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum) yang memanfaatkan sumber air dalam tanah untuk kebutuhan sehari hari, karena masa kemarau panjang sehingga debit air menyusut atau berkurang.

Ketiga kalinya BPBD Tulungagung menyalurkan air bersih ke warga Dusun Dawung, petugas membawa satu tangki menyasar warga yang belum terjangkau, "Air bersih ini mereka gunakan untuk mandi, memasak dan minum", singkatnya.

Dia berpesan kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan kekeringan untuk waspada dan bijak menggunakan air bersih selama musim kemarau. Diharapkan bantuan ini bisa mengurangi beban masyarakat yang terdampak kekeringan.

" Tidak hanya kekeringan, kemarau juga menjadi perhatian serius karena peningkatan suhu udara sehingga sangat mudah menimbulkan percikan api. Karena itu, BPBD menyiapkan langkah langkah pencegahan,"ujarnya.

Masih kata Gilang, Proses pengiriman air bersih, BPBD sudah bekerjasama dengan PDAM Tirta Cahya Agung, Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Lingkungan Hidup ( LH), membantu menyalurkan air bersih terdampak kemarau atau kebakaran. (Indh).