Foto : Sekretaris Percasi Pelalawan, MN Alafi Mahardika

Suaramuda.com - Sekretaris Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Olah Raga Catur Percasi Indonesia (PERCASI) Pelalawan MN Alafi Mahardika mengatakan, ada dua atlit catur asal Pelalawan yang akan diturunkan dalam ajang kejuaraan nasional di Bulan November mendatang.

Kata dia, Keduanya adalah, Usman Ritonga yang akan berlaga di Pekan Olah Raga Wilayah (PORWIL) Sumatera yang akan diadakan di Pekanbaru. Dan satu lagi pecatur wanita bernama Elza Fitri yang akan diturunkan di ajang Pra Pekan Olah Raga Nasional (PON) di Bandung. 

Lanjut Alafi Mahardika, kedua atlit asal Pelalawan tersebut akan menjalani Pelatihan Daerah (Pelatda) atau Training Center (TC) penuh di salah satu hotel di Pekanbaru. 

"Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, menurut jadwal, mereka sudah masuk hotel pada tanggal 4 Oktober untuk mengikuti TC, " ujar Alafi Mahardika. 

Pria yang mendapatkan gelar Master Nasional pada Kejurnas tahun 2023 di Jakarta ini melanjutkan, untuk menjalani TC Penuh ini, kedua atlit tersebut tidak akan ada masalah. Usman Ritonga yang kini tercatat sebagai pegawai swasta di Pelalawan semoga bisa mendapatkan izin atau dispensasi dari tempatnya bekerja. Demikian juga dengan atlit wanita Elza Fitri yang berstatus mahasiswi Universitas Islam Riau Fakultas Hukum tidak ada masalah untuk mendapatkan izin dari bangku kuliahnya. 

"Demi membela Riau, semoga mendapatkan kelancaran dalam mengurus izin atau diapensasi kerja," harap Alafi Mahardika. 

Soal target perolehan medali, Alafi Mahardika mengatakan, dirinya optimis kedua atlit tersebut akan memberikan yang terbaik untuk Riau dan daerah yang diwakilinya. Usman Ritonga, kata Alafi merupakan atlit yang sudah berpengalaman. Saat ini, Usman Ritonga sudah bergelar Master Percasi (MP) dan sering menjuarai beberapa turnamen di Riau dan luar Riau. Sedangkan Elza Fitri juga tak kalah hebat. Permainan catur wanita berkerudung ini tak bisa diragukan lagi. Buktinya dia bisa menyingkirkan pesaingnya dan lolos seleksi untuk mewakili Riau. 

"Kita berharap kedua atlit ini dapat menjalani TC Penuh ini dengan baik, dan nantinya akan menyumbangkan medali emas untuk Riau," pungkasnya.(ZIZ