Iklan

Iklan

,

Iklan

Safari Ramadhan Kalapas Bangkinang, KADIVPAS Beri Kultum Kepada Jamaah Masjid At-Taubah

Redaksi
27 Apr 2022, 08:47 WIB Last Updated 2022-04-27T01:50:35Z
Safari Ramadhan Kalapas Bangkinang, KADIVPAS Beri Kultum Kepada Jamaah Masjid At-Taubah
BANGKINANG – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau, Maulidi Hilal mengunjungi Lapas Kelas IIA Bangkinang dalam rangka kegiatan Safari Ramadhan 1443 H, Senin 25 April 2022

Ditemani oleh Kalapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno, Kadivpas memberikan materi Kultum Safari Ramadhan di Masjid At-Taubah, yang mana sebelumnya telah dipenuhi Jama’ah yang terdiri dari wargabinaan dan Petugas Lapas Bangkinang.

Tausiyah dimalam ke 24 Ramadhan ini, Kadivpas memaparkan tentang isi Q.S. Al-Baqarah : 185 yang menjelaskan bahwa Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). 

“Pada bulan suci Ramadhan ini Allah menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, yang didalamnya terdapat penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, setelah mengetahui petunjuk, maka akan tampak pembeda antara yang benar dan yang batil,” sebut Hilal.

Kemudian Kadivpas juga menjelaskan tentang Q.S. Al-Baqarah: 216 yang artinya “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui,".

“Mungkin ada diantara kita saat diluar tidak pernah melaksanakan sholat, semenjak berada di Lapas menjadi rajin melaksanakan ibadah shalat, ada maksud ALLAH menghadirkan kita disini untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bertaqwa,” pungkasnya.

Kadivpas turut mengajak Jama’ah untuk selalu berserah diri kepada  Allah SWT dalam kehidupan dan rezeki.

“Jika Bapak Ibu menyerahkan segala sesuatunya pada Allah, insyaallah pasti Allah jamin ketenangan hidup Bapak Ibu, jangan pernah khawatir dengan ketetapan yang telah Allah berikan kepada kita,” ucap Kadivpas.

Tak lupa Kadivpas juga mengajak jama’ah WBP untuk senantiasa menjadikan Lapas Bangkinang ini sebagai pondok pesantren yang dapat mengubah tingkah dan perilaku sesuai dengan ajaran islam dan Al-Qur’an sebagai tuntunan hidup manusia. (**)

Iklan