Iklan

Iklan

,

Iklan

Pegawai Lapas Bangkinang Melaksanakan Upacara Bendera HARKITNAS

Redaksi
21 Mei 2022, 12:53 WIB Last Updated 2022-05-21T05:53:14Z
Pegawai Lapas Bangkinang Melaksanakan Upacara Bendera HARKITNAS

KAMPAR - Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas biasa diperingati pada 20 Mei setiap tahunnya. Tahun ini, peringatan Harkitnas jatuh pada Jumat, 20 Mei 2022 dan merupakan peringatannya yang ke-114.

Harkitnas diperingati untuk mengingat momentum perjuangan rakyat Indonesia yang ditandai dengan lahirnya sebuah organisasi bernama Budi Utomo pada 1928.

Memaknai Hari Kebangkitan Nasional sebagai wujud menghargai perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan, Pegawai Lapas Bangkinang melaksanakan upacara bendera Di Lapangan Upacara Lapas Kelas IIA Bangkinang, Jum’at 20 Mei 2022

Bertindak sebagai inspektur upacara, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Rudinur yang merupakan Kepala Seksi Kegiatan Kerja menyampaikan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 

Disebutkan bahwa sejarah telah mencatat hari lahir Pancasila yang ditetapkan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1948 merupakan bukti nyata atas pertahanan Kemerdekaan Indonesia dari kekuasaan Belanda. 

Semangat perjuangan tersebut sangat relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini, terutama pada masa krisis pandemi Covid-19.  

Tahun ini, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. Pada tahun ini, Ayo Bangkit Bersama menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. 

"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja,” sebut Rudinur, membacakan amanat Menkominfo.

Ia juga menyebutkan Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. 

Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

“Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!,” pungkasnya.(**)

Iklan