Iklan

Iklan

,

Iklan

Peduli Kesehatan Warga Binaan, Lapas Bangkinang Adakan Senam Aerobik

Redaksi
31 Agu 2022, 11:32 WIB Last Updated 2022-08-31T04:32:25Z
BANGKINANG - Kesehatan merupakan hak mendasar yang harus dimiliki oleh seseorang, begitupun untuk wargabinaan yang tengah berada di Lembaga Pemasyarakatan.

Memenuhi hak atas kesehatan wargabinaan,  Lapas Kelas IIA Bangkinang Kanwil Kemenkumham Riau melaksanakan kegiatan senam aerobik di Lapangan Blok Hunian wargabinaan, Rabu 31 Agustus 2022.

Selain menyediakan fasilitas kesehatan yang layak, kegiatan senam yang rutin dilaksanakan ini juga merupakan salah satu bagian dari pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM) atas kesehatan wargabinaan.

Olahraga Senam aerobik ini dilaksanakan pihak Lapas mengingat banyaknya manfaat yang akan diperoleh wargabinaan. Senam aerobik bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability), sehingga akan berkembang daya tahan otot, power, kelenturan, koordinasi, kelincahan, serta memperoleh keseimbangan. Apalagi jika diimbangi dengan kegiatan yang menuntut sistem kerja jantung dan paru (cardio-vaskular system).

Melakukan olahraga senam aerobik secara teratur akan membuat kesehatan dan perkembangan fisik menjadi baik. Senam aerobik juga dapat memperkuat tulang, membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Senam aerobik juga bisa menjaga fungsi otak, mencegah pikun, mengurangi stres dan membuat lebih bahagia karena tubuh akan melepaskan hormon endorphine.

Saat dimintai keterangan, Kalapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno menyampaikan bahwa pihaknya berupaya maksimal dalam memenuhi hak atas kesehatan wargabinaan.

“Mulai dari makanan, minuman, olahraga dan fasilitas kesehatan dijaga kualitasnya. Ini merupakan upaya kami dalam memaksimalkan layanan kesehatan kepada wargabinaan,” sebut Sutarno.

Ia juga menambahkan bahwa pengolahan makanan dan minuman yang ada di Lapas Bangkinang juga sudah mendapatkan sertifikat Laik Hygiene Sanitasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

“Pengolahan makanan dan minuman yang ada di Lapas Bangkinang sudah melalui uji Laboraturium, sehingga bisa dipastikan higienis dan layak untuk dikonsumsi,” tuturnya.

“Selain memperhatikan makanan dan minuman, olahraga juga menjadi perhatian kami. Untuk itu kegiatan senam ini rutin diagendakan, agar wargabinaan dapat bergerak dan terpapar sinar matahari pagi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuhnya,” kata Sutarno (**)

Iklan