Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemahaman Teknologi dan ITE, Permikomnas Wilayah 2 Adakan Pengabdian Masyarakat

Redaksi
1 Nov 2022, 12:22 WIB Last Updated 2022-11-01T05:22:53Z
PELALAWAN - Universitas Lancang Kuning, Fakultas Ilmu Komputer, Prodi Teknik Informatika melangsungkan kegiatan Pengabdian masyarakat yang di gagas oleh Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (Permikomnas) Wilayah 2. Kegiatan tersebut berpusat di Desa Bukit Kesuma, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. 

Berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 27 Oktober sampai 29 Oktober 2022 yang bertajuk "Pentingnya mengenal dan mempelajari teknologi informasi dan komunikasi di era digitalisasi demi terwujudnya masyarakat yang smart, terkhusus masyarakat Provinsi Riau".

Dalam kegiatan tersebut, selain Unilak turun langsung Permikomnas Wilayah 2 dari Kampus yang ada di Riau, yaitu Universitas abdurab, Universitas Pahlawan, dan Politeknik Kampar.

Pada hari pertama diadakan dialog publik dan seminar teknologi terhadap masyarakat. Hari kedua, seminar terhadap pelajar SMA Negeri 1 Pangkalan Kuras. Hari ketiga, senam pagi dan giat bantuan sosial pendidikan kepada SD setempat dan SMP 5 Pangkalan Kuras.

Wakil Bupati Pelalawan, H.Nazaruddin, saat membuka kegiatan pengabdian masyarakat Permikomnas Wilayah 2, mengapresiasi dan mendukung penuh penyuluhan terhadap teknologi informasi yang saat ini berkembang pesat.

"Kami sangat mendukung penuh kegiatan ini dan kami akan meningkatkan langkah untuk infrastruktur jaringan di Desa yang ada di Kabupaten Pelalawan," Ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting mengatakan, bahwa ini adalah wujud untuk meningkatkan mutu dari masyarakat, terkhusus masyarakat Provinsi Riau.

"Masyarakat akan paham terhadap teknologi jika kita selalu memberikan pemahaman-pemahaman teknologi ini dan diharapakan agar terus dikembangkan agar masyarakat Riau menjadi Smart Teknologi," Pungkasnya.

Kemudian, Diskominfo Provinsi Riau, Tri Hartanto, mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat sekali dan ini adalah langkah awal.

"Mahasiswa harus lebih banyak melakukan kegiatan yang cendrung langsung turun terhadap masyarakat," Ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Unilak, Dr. H. Fajrizal, sangat mengapresiasi dan mendukung penuh langkah ini, karena ini merupakan wujud dari Tri darma Perguruan Tinggi.

"Kegiatan yang langsung turun ke masyarakat, langsung mendengar dan melihat kekurangan seperti apa di masyarakat desa," Ujarnya.

Disampaikannya, kegiatan ini sangat penting sekali baik bagi elemen masyarakat, baik bagi pemuda desa dan kepada pelajar di lingkungan desa, karena masyarakat harus paham dalam penggunaan dan undangan-undangan yang terkait dengan teknologi.

Kemudian, Koordinator Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (Permikomnas) Wilayah 2, Wandri Saputra Simbolon menyampaikan kegiatan ini sangat penting dan harus di dukung dan dilirik pemerintah karena program untuk mengabdi kepada masyarakat adalah sebuah langkah untuk bisa memajukan SDM.

"Program ini bertujuan agar masyarakat paham terhadap bahaya nya penyalahgunaan teknologi, bahaya nya ketelanjangan data pribadi, pemahaman internet sehat, dan cara penanganan teknologi, demi terwujudnya masyarakat yang smart terkhusus masyarakat provinsi Riau,"Pungkas Wandri.

Dikatakannya, Kegiatan ini juga melibatkan siswa/i SMA,SMP dan SD kelas 6 se-lingkungan karena perlu nya mereka memahami cara penggunaan internet sehat agar tidak terjerumus dalam kesalahan yang membuat kesalahan.

"Insya Allah kegiatan ini akan dilakukan ke beberapa Desa lagi agar masyarakat siap dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat berkembang," Ujarnya kepada Media, Selasa 1 November 2022.

Ditegaskan Wandri, ini adalah wujud baik dari mahasiswa yang langsung terjun ke desa demi terwujudnya masyarakat yang cerdas menggunakan teknologi, agar tidak melakukan kesalahan dalam kebocoran data pribadi, dan pemahaman ITE.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Diskominfo Provinsi Riau, Tri Hartanto, DPRD provinsi Riau komisi 3, Sewitri, Kapolres Pelalawan, AKBP Guntur Muhammad Tariq, Kapolsek Pangkalan Kuras, Camat Pangkalan Kuras, Kepala Desa Bukit Kesuma bersama Aparat Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Staf jajaran Dosen Fakultas Ilmu Komputer Unilak, serta Masyarakat lainnya.(**)

Iklan