KEEROM - Prajurit Satgas Pamtas Yonif 132/Bima Sakti mengadakan fogging ke rumah masyarakat Kp. Ubiyau, Distrik Arso, Kab.Keerom, Papua, Jumat 2 Desember 2022.

Puluhan rumah masyarakat perbatasan difogging oleh anggota Satgas Pamtas Yonif 132/BS berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom serta masyarakat kampung Ubiyau, guna mencegah penularan berbagai bibit penyakit. 

Seperti yang diungkapkan Dankipur B Lettu Inf Zainuddin Hamidi Sinaga dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan fogging rumah warga yakni guna mencegah segala macam penyakit terutama penyakit malaria yang rentan terjadi di Kp.Ubiyau. 

"Dalam kegiatan ini, kita juga melakukan sosialisasi kepada masyakat kampung untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari munculnya bibit-bibit penyakit. Sasaran pelaksanaan fogging yang kita lakukan meliputi dalam rumah warga, bawah (kolong) rumah, saluran air dan area sekeliling rumah,"ungkapnya. 

Sementara itu Dansatgas Yonif 132/BS Letkol Inf Ahmad Fauzi, juga menambahkan bahwa kegiatan menjaga lingkungan, dan sosialisasi kesehatan kepada masyakat Perbatasan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh anggota Satgas Yonif 132/BS di seluruh pos Satgas. 

Dansatgas mengatakan bahwa masing-masing Pos Satgas, saat ini melakukan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat bagi masyakat, seperti pengobatan gratis, bersih lingkungan, pemberian bantuan, dan kegiatan lainnya. 

"Saya apresiasi sekali kegiatan yang dilakukan oleh Pos Arso Kota, kepada masyakat kampung Arso, hal ini tentu merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI terhadap kesehatan masyarakat,"ujarnya. 

Apalagi menurutnya, kegiatan fogging dan himbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan ini merupakan upaya anggota Satgas untuk mencegah timbulnya wabah penyakit, khususnya yang disebabkan oleh nyamuk. Karena mayoritas, wilayah Kabupaten Keerom tingkat kasus penyakit malaria cukup tinggi. 

Kepala Kampung Ubiyau Bomi Isagi(40) 
yang juga membantu proses fogging, serta mengucapkan terima kasih atas kepedulian anggota Pos Arso Kota kepada Kampung Ubiyau. 

"Kami mewakili warga kampung sangat berterima kasih kepada Bapak-Bapak TNI dari Pos Arso Kota yang sudah memfogging rumah-rumah warga di sini, semoga kebaikan Bapak-bapak Pos semua selalu di berkati Tuhan," ungkapnya. 

Sementara itu, Kabid P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom Muhammad Asri mengucapkan terimakasihnya kepada anggota Satgas Pos Arso Kota yang membantu Dinas Kesehatan untuk memberikan Fogging ke rumah-rumah warga. 

"Terimakasih, anggota Satgas Yonif 132/BS yang sudah mau peduli kepada kesehatan masyakat, dan telah membantu meringankan kerja kita. Selain itu terimakasih kepada Danpos Arso kota yang telah menggerakkan anggotanya untuk turun melakukan fogging. Saya juga menghimbau kepada warga yang lain agar bersama-sama menjaga kebersihan di lingkungan Kampung Ubiyau,"pungkasnya.