KAMPAR - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar menggelar Sosialisasi Aplikasi SIPD-RI Kemendagri Microservice, (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah), bertempat di ruang rapat Muara Takus Bappeda Kabupaten Kampar, Selasa (24/1/2023). SIPD-RI ini berlaku untuk penyusunan perencanaan tahun 2024. 

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ardi Mardiansyah, S.STP, M.Si yang diwakili Sekretaris Bappeda Kampar Yusdiyen Hadinata, S.Si, M.Si. Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah dan Kecamatan dilingkup Pemerintah Kabupaten Kampar.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Kampar Yusdiyen Hadinata dalam paparannya menjelaskan tentang aplikasi SIPD-RI Kemendagri ini. SIPD RI (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah) terdiri dari Informasi Pembangunan Daerah, Informasi Keuangan Daerah dan Informasi Pemerintahan Daerah lainnya. 

Dijelaskan Yusdiyen bahwa SIPD RI ini tidak banyak yang berubah dengan SIPD versi lama. Hanya saja ada beberapa pembaharuan atau perubahan, diantaranya perubahan Level User dan Paswoord serta perubahan lainnya seperti tampilan dan sebagainya. 

Untuk Level User Lembaga/kelompok dan Individu yang sebelumnya ada pada aplikasi SIPD yang lama, maka pada SIPD RI dihapus dan kewenangan itu pindah ke Perangkat Daerah atau Pokir DPRD. “Usulan Lembaga/kelompok dan individu pindah ke perangkat daerah atau pokir,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan juga Jadwal Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2024. Untuk saat ini 24-29 Januari 2023, jadwal perencanaan masuk pada tahapan input usulan Renja Perangkat Daerah dan Entry Kamus Usulan Aspirasi Masyarakat dan Pokir/Reses.

Yusdiyen mengingatkan kepada peserta rapat agar aplikasi SIPD RI menjadi atensi bersama. “Ini harus menjadi atensi kita bersama, dan sekarang segera input renja dan entri kamus usulan, ikuti jadwal perencanaan yang telah disusun itu,” ingat Yusdiyen.

Saat diskusi ada beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh peserta rapat dan ditanggapi secara gamblang (jelas) oleh pimpinan rapat. Sosialisasi SIPD RI ini berjalan lancar dan sukses. (Herman Jhoni).