foto: Nicko Ismi Caneca Caleg muda Demokrat, siap rebut satu kursi di Dapil I

BANGKINANG - Partai Demokrat Kabupaten Kampar kembali mendapat suntikan tenaga baru untuk mengarungi pemilihan legislatif di pemilu 2024 mendatang. Setelah sebelumnya nama-nama besar nan mumpuni telah lebih dulu bergabung dengan partai berlambang Mercy ini.

Kini, giliran Nicko Ismi Caneca, seorang pengusaha muda yang mendaftar sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Demokrat, Senin, 16 Januari 2023. Nicko siap bertarung berebut satu kursi di Dapil I.

Nicko Ismi Caneca mengatakan, keputusannya bergabung dengan Demokrat Kampar karena adanya kesamaan visi dengan sang ketua, Ardo. Ia menilai Ardo sebagai sosok politisi muda, berwawasan dan terbuka dan seorang demokrat sejati.

"Saya Nicko Ismi Caneca, memantapkan diri untuk mendaftar sebagai Caleg DPRD Kampar Dapil I karena kesamaan visi saya dengan visi partai Demokrat, khususnya dengan Ketua DPC Demokrat, Bung Ardo," ungkap Nicko.

Ia mengaku memiliki motivasi maju sebagai anggota dewan demi membela hak-hak rakyat termarjinal yang selama ini kurang mendapat perhatian. Ia yakin, bersama Ardo akan mampu berkolaborasi dalam membantu memberdayakan masyarakat.

"Sebagai seorang warga negara Indonesia, saya juga sangat berharap khususnya kepada diri saya sendiri untuk memperjuangkan suara-suara marjinal yang selama ini sering didiamkan," lanjut Nicko.

Sedikit informasi mengenai sosok Nicko. Ia adalah pengusaha muda di bidang penyuplai pakan ikan bagi petani keramba di sepanjang Sungai Kampar hingga ke danau PLTA Koto Panjang. Hampir tak ada petani keramba terutama mulai dari Kuok. Lereng, Pulau Terap, Merangin hingga ke waduk PLTA Koto Panjang yang tak kenal dengan Nicko dan sang ayah. 

Hampir semua petani keramba di wilayah ini memliki relasi bisnis dengan keluarga Nicko Ismi Caneca. Banyak dari para petani yang secara langsung maupun tidak langsung terbantu oleh keluarga Niko sebagai penyuplai pakan ikan.

Bergabungnya Nicko Ismi Caneca disambut baik oleh keluarga besar Partai Demokrat Kampar. Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Penjaringan Bacaleg DPC Demokrat Kampar, yang juga menjabat sebagai Bendahara DPC Demokrat Kampar, Rendi Ikhwantara. 

Ia mengaku sosok Nicko akan memberi warna berbeda bagi Demokrat. Ia menyebut partainya memang memiliki daya tarik bagi caleg-caleg muda begitupun dengan pemilih melineal. Rendi Ikhwantara menyebutkan bahwa, penjaringan Bacaleg ini telah dilakukan sejak 25 Oktober 2022 lalu.

"Demokrat Kampar telah melakukan pembukaan pendaftaran bakal caleg ini sejak 25 Oktober 2022 lalu. Untuk jumlah keseluruhan Bacaleg yang telah terverifikasi yaitu, 55 Orang se-Kabupaten Kampar," ujar Rendi.

"Dapil I sebanyak 16 orang, Dapil II, 2 orang, Dapil III, 6 orang, Dapil IV 14 orang, Dapil V 4 orang, Dapil VI 13 orang," rinci Rendi.

Pada pemilu 2024 mendatang, mayoritas voters atau pemilik suara merupakan kaum muda usia 18 hingga 28 tahun. Atau lebih kurang 60 persen pemilih merupakan kaum muda. Untuk itu, bergabungnya Nicko di Demokrat tentu saja langkah tepat bagi partai yang dulu dipimpin SBY itu.

Keputusan bergabung dengan partai yang kini dipimpin AHY ini juga merupakan pilihan yang tepat bagi anak muda kelahiran 1993 ini sebagai pendatang baru di dunia politik di Kabupaten Kampar. Mengingat, dari hasil survei skala nasional dan daerah, Partai Demokrat sangat diminati oleh pemilih milenial dan kalangan pemilih generasi Z.

Bagaimana kiprah Nicko pada pemilu Februari 2024 mendatang? Mampukah ia mendulang banyak suara untuk mengamankan satu kursi dewan? Layak kita tunggu. (***)