Presiden RI Joko Widodo Saat menghadiri hari pers nasional.

MEDAN - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Hadiri hari pers nasional 2023 di Medan Sumatera Utara, Kamis 9 februari 2023.

Jokowi mengingatkan Pers mengenai pemberitaan bertanggung jawab, pemberitaan yang dimuat harus konfirmasi. agar menghasilkan pemberitaan sesuai dengan kode etik jurnalistik.

"Kurang bebas apalagi kita sekarang, pers sudah mencakup seluruh media informasi yang bisa tampil dalam bentuk digital. Semua orang bebas membuat berita dan sebebas-bebasnya. Sekarang ini masalah utama, menurut saya membuat pemberitaan yang bertanggung jawab, karena masyarakat kebanjiran berita dari media sosial dan media digital lainnya," kata Jokowi.

Jokowi menyebut, peran utama media sekarang semakin penting untuk mengamplifikasi kebenaran dan menyingkap fakta, terutama di tengah keganasan post truth, pasca fakta dan pasca kebenaran. Media arus utama diharapkan mampu menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran, searching the truth dan membangun optimistisme.

"Saya minta semua pihak, baik kepada lembaga pemerintah pusat dan daerah, BUMN, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, untuk mendukung keberadaan media arus utama," sebutnya. 

Ia mengaku memiliki momen pribadi yang dalam dan bersahabat dengan insan pers sejak menjadi wali kota, gubernur dan presiden. 

"Saya kesana kemari, runtang runtung, saya jalan bareng ke kampung, ke pasar, ke desa, ke nelayan, dengan rekan-rekan wartawan dan terbukti insan pers telah membuka harapan orang biasa seperti saya bisa menjadi presiden," ujarnya. (**)