Foto: Kadispar Provinsi Riau Roni Rahmat, Kadispar Kampar Zulia Dharma, Koordinator Destinasi area II Fatma Indah Murdiyati, Kabid Destinasi Kampar Sarkawi dan para narasumber.

PEKANBARU - Dalam rangka mendukung kawasan pengembangan pariwisata nasional (KPPN) muara takus-kampar dan sekitarnya, diperlukan upaya pemahaman para pemangku kepentingan atau pengelola desa wisata yang berorientasi pada peningkatan kualitas destinasi.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Deputi bidang pengembangan destinasi dan infrastruktur mengadakan Bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan dan penguatan kelembagaan desa wisata dikabupaten kampar, Provinsi Riau.

Kegiatan ini langsung dibuka Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rahmat di Labersa Grand Hotel, Jumat 17 Februari 2023.

"Pemerintah Provisi Riau mengucapkan terimakasih kepada kemenparekraf, Kami sangat antusias tentunya sangat berbahagia dengan pelaksanaan kegiatan ini," ungkap Roni.

Kata Roni, semoga Nanti ada bimtek lain lagi untuk keseluruhan di desa-desa.

Sementara itu Koordinator destinasi area II Fatma Indah Murdiyati dalam sambutannya, ia berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat. Bisa memberikan masukan, bagaimana untuk peningkatan pariwisata.

"Saya berharap Dinas pariwisata bisa memberikan pengembangan, promosi untuk destinasi-destinasi wisata yang ada di kabupaten Kampar, Provinsi Riau," harapnya.

"Semoga Bisa bertambah desa wisata, bisa berkembang dan maju,"ujarnya.

Kepala dinas pariwisata Kampar Zulia Dharma dalam arahannya, ia  berharap kabupaten kampar akan kita adakan pelatihan, untuk pengembangan dan promosi.

Kata dia, Semua kecamatan minimal ada 1 desa wisata, ini target kita. Karna Kita melihat dampak positif dari wisata itu sendiri. "Dipariwista apa saja bisa jadi uang," bebernya.

Kata Zulia, Tahun 2022 kunjungan wisata terbanyak adalah kabupaten Kampar. (HAP)