BANGKINANG - Pj Bupati Kampar diwakili Sekda Kampar, Yusri serahkan secara simbolis 15 ekor sapi kepada masyarakat Aur Sati bantuan Pemerintah Kabupaten Kampar, Kamis (16/2/2023) di halaman kantor Desa Aur Sati, Kecamatan Tambang.

Tampak hadir ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal, ST, Forkopimcam Tambang, Kepala Dinas Perkebunan dan peternakan Kampar Syafrizal, Camat Tambang Drs. Jamilus, Kepala Desa Aur Sati Mohd. Yanis serta seluruh perangkat Desa Aur Sati.

Sekda Kampar Yusri mengatakan bahwa rencana pemberian bantuan sapi bagi masyarakat memang telah lama diupayakan pemerintah daerah. Bantuan sapi bagi 15 kelompok masyarakat ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dalam mengupayakan peningkatan kesejahteraan dan peningkatan perekonomian masyarakat. Dengan adanya bantuan sapi ini, masyarakat dapat memelihara dan mengembangkan ternak sapi di Desa Aur Sati sehingga manfaat dari beternak sapi dapat dirasakan masyarakat penerima.

Disisi lain Yusri mengatakan Sektor peternakan di Kabupaten Kampar, walaupun bukan menjadi sektor utama dalam program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah, namun merupakan faktor yang sama sekali tidak bisa dipandang sebelah mata, karena sektor peternakan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi indeks peningkatan daya beli masyarakat dan perekonomian masyarakat.

Ditambahkannya, ternak sapi potong merupakan salah satu ternak yang banyak dibudidayakan dan diusahakan petani di Kabupaten Kampar. Ternak tersebut berperan sebagai sumber pendapatan, membuka kesempatan kerja dan sumber protein hewani. Populasi ternak sapi potong yang tinggi menunjukkan salah satu potensi dan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan nilai tambah dalam usaha ternak sapi, meningkatkan konsumsi gizi keluarga akan protein hewani bahkan sebagai komoditas agribisnis.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal dalam arahannya mengatakan bahwa pihaknya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah yang telah memprogramkan kegiatan ini, sehingga aspirasi yang selama ini diterima dapat terwujud dan membanggakannya untuk semua.




Muhammad Faisal juga mengungkapkan bahwa ternak sapi merupakan investasi jangka panjang untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, jika dikembangkan, maka akan menghasilkan pendapatan yang baik untuk menopang kehidupan dan perekonomian masyarakat yang beternak sapi.

Sementara Kades Aur Sati Mohd. Yanis, dalam sambutannya mengatakan atas nama masyarakat Desa Aur Sati mengucapkan terimakasih. Ia berharap masyarakat yang menerima bantuan sapi untuk dapat mengembangkan ternak sapi, sehingga Desa Aur Sati menjadi desa yang swasembada daging di Kecamatan Tambang.

Mohd. Yanis juga menyampaikan bahwa masyarakat penerima bantuan sapi dapat mengembangkan dan memelihara bantuan sapi dari pemerintah daerah, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat penerima bantuan ternak sapi ini.(ADV)