Foto: HUT Dekranasda ke-43 Tulungagung menggelar Bazar IKM/UKM.

TULUNGAGUNG - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tulungagung menggelar tasyakuran ke-43 dan diikuti kegiatan bazar selama 4 hari mulai hari ini,16-19 Maret 2023.

Bertempat di Halaman Gedung Dekranasda Kabupaten Tulungagung, HUT ke-43 Dekranasda kali ini mengangkat tema, "Wirausaha Baru Tercipta, Pengrajin Berdaya".

Ketua harian Dekranasda Kabupaten Tulungagung Tri Hariyadi menuturkan, di hari Dewan Kerajinan Nasional ke-43, pihaknya selalu menjaga visi dan misi Dekranasda untuk membantu, membina dan mengembangkan potensi pelaku IKM/UKM di Kabupaten Tulungagung dengan kerjasama yang solid antar OPD terkait, IKM/UKM mula bangkit dari keterpurukan.

Kata dia, Melalui peran Dekranasda para pelaku IKM/UKM bisa melewati masa sulit, karena itu dengan mengikuti kegiatan maupun fasilitasi yang dilaksanakan OPD terkait berupa pelatihan dan pembinaan kartarampilan.

"fasilitasi ijin berusaha, halal, merk, fasilitasi permodalan dari perbankan, promosi baik berupa pameran, bazar dan fashion show, pemasaran Offline dan Online yang telah dilaksanakan di Deskranada Kabupaten Tulungagung", ucap Tri Hariyadi dalam sambutan HUT Deskranada.

Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten Tulungagung turut mengapresiasi keberadaan Dekranasda berupa produk mamin maupun kerajinan untuk souvenir, oleh oleh pada saat kunjungan ke luar daerah ataupun saat kunjungan tamu ke Kabupaten Tulungagung.

"digelarnya bazar, diharapkan dapat tumbuh wirausaha- wirausaha baru yang potensial, dan untuk kedepannya Dekranasda bisa lebih maju,"pinta Tri Hariyadi.

Di tempat yang sama, Ketua Dekranasda Kabupaten Tulungagung Ny.Siyuk Rohayati Maryoto Birowo menyampaikan visi Dekranas menjadi Lembaga yang handal dalam mendukung kemandirian ekonomi Indonesia.

Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan peran serta pelaku IKM /UKM dibidang pemasaran selaras dengan program P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri).

Kata dia, Keberadaan IKM/UKM sangat perlu mendapatkan pembinaan dan fasilitasi, secara intensif dan perlindungan agar IKM mampu menjadi bagian penting bagi pembangunan perekonomian daerah.

Fasilitasi dibidang pemasaran melalui promosi dan bazar sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan terhadap pelaku IKM/UKM.

Menurut Ketua Dekranasda Kabupaten Tulungagung Ny.Siyuk Rohayati Maryoto Birowo, sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 5 Tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023.

"Jadi sumber dana kegiatan ini di danai dari APBD Kabupaten Tulungagung Tahun Anggaran 2023,"ujarnya 

Dikatakannya, Perkembangan Dekranasda dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, berdasarkan l aporan kas Dekranasda mengalami kenaikan sebesar 300 persen dan sebagian berupa aset produk. (Indh).