Foto : Saat Safari Ramadhan di Desa Pantai Raja.

 

KAMPAR - Bertempat di Mesjid Nurul Iman Desa Pantai Raja Kecamatan Perhentian Raja, dipimpin langsung oleh Pj. Sekda Kampar Ir. Azwan, Msi selaku mewakili Pj. Bupati Kampar melakukan kegiatan Safari Ramadhan bersama Tim Safari Ramadhan Kabupaten Kampar di Kecamatan Perhentian Raja, Rabu (29/3). 

Pj. Sekda Kampar bersama rombongan Tim Safari Ramadhan Kabupaten Kampar yang terdiri dari Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar dan disambut suka cita oleh Camat Perhentian Raja, Kepala Desa Pantai Raja, jemaah mesjid, seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Perhentian Raja Khususnya masyarakat Desa Pantai Raja.

Kegiatan Safari Ramadhan di Kecamatan Perhentian Raja diawali dengan buka bersama dengan masyarakat setempat dan dilanjutkan dengan sholat isya bersama yang diimamin langsung oleh Pj. Sekda Kampar. 

Dalam sambutannya pada kunjungan Safari Ramadhan dihari ketujuh Ramadhan 1444 H ini, Pj. Sekda Kampar mengtaakan, Safari Ramadhan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Kampar dalam meningkatkan Ukhuwah Islamiyah dan untuk mempererat silahturahmi antara masyarakat Kabupaten Kampar dengan Pihak Pemerintah Kabupaten Kampar. 

Dalam Safari Ramadhan ini, Pj. Sekda Kampar juga berkesempatan menyampaikan program-program penting Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar untuk kemajuan Daerah, yang salah satunya adalah Menekan Angka Stunting.

"Kita berharap kedepan Kabupaten Kampar merupakan salah satu Kabupaten yang maju dibidang ekonomi dan ketahanan pangan serta diperhitungkan dan contoh bagi kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau,"pintanya.

Dalam kesempatan yang mulia ini Saya ingin menyampaikan beberapa waktu yang lalu melalui Pidatonya Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo menyampaikan bahwa Kabupaten Kampar dapat apresiasi karena telah berhasil secara siginifikan menekan angka Stunting. Ia merinci bahwa pada awalnya penanganan Stunting ini karena telah ditemukannya kasus Stunting pada tahun 2021 sehingga Kabupaten Kampar ditetapkan ada 21 Lokus Stunting.

Pemerintah Kabupaten Kampar terus berupaya agar pembangunan disegala sektor mampu bangkit dan dirasakan oleh masyarakat. Untuk itu berbagai kebijakan guna percepatan pembangun terus dilakukan dengan cara menggali dan memanfaatkan Potensi-potensi sumber daya alam yang belum terkelola dengan baik. Pemerintah melakukan terobosan dengan penanaman melalui percontohan penerapan Inovasi Tehnologi Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik (IPAT-BO) yang mampu meningkatkan produksi padi 100 persen bahkan lebih, dan hasilnya sangat baik dan tahun ini akan kita perluas keseluruh Kecamatan di seluruh Kabupaten Kampar. 


Pada Sektor Perikanan, Pemerintah Kabupaten Kampar telah melakukan kerjasama dengan Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPC Apindo) Kabupaten Kampar dan telah mendapatkan permintaan ekspor abon ikan patin ke Malaysia sebanyak 38 ton perbulan yang berawal dari penandatanganan kerjasama antara Business Strategy Profesional (BSP) Axon Consultancy SDN BHD Malaysia atau Apindo-nya Malaysia dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar berupa Letter Of Intent (LOI) tentang Kerjasama Bidang Pengembangan UMKM Sektor Industri Makanan dan Pariwisata Kabupaten Kampar. 

Kemudian Pj. Sekda Kampar lanjutkan kegiatan dengan mendengarkan Santapan Rohani Ramadhan oleh Abuya Ardison, Msi dengan mengangkat tema " Peduli Tetangga" sesuai dengan program yang sedang digalakan oleh Pj. Bupati Kampar dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar. 

Sebelum melakukan Sholat Taraweh berjamaah, Pj. Sekda Kampar berkenan untuk menyerahkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kampar Kampar untuk Mesjid Nurul Iman Desa Pantai Raja Kecamatan Perhentian Raja dan sekaligus menyaksikan penyerahan santunan anak yatim secara simbolis dari Basnas Kabupaten Kampar sebagai bentuk kepedulian Pemerintah kepada masyarakatnya. (ADV)