Foto : Bupati Maryoto Birowo  memberikan riward kepada guru  di halaman kantor Bupati Tulungagung.

TULUNGAGUNG - Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 di halaman Pemkab Tulungagung, Selasa (2/5/2023).

Dalam amanatnya, Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan atas segala dedikasi, kepedulian, dan perhatian yang diberikan dalam memajukan pendidikan anak anak bangsa.

Lebih lanjut, Bupati Maryoto mengatakan, tema peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tahun 2023 adalah ,"Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar". 

"Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang mengandung nyun bakat, minat, dan potensi peset duduk agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi tingginya sebagai seorang manusia dan sebagi anggota masyarkat,"ungkap Bupati Maryoto.

Bupati Maryoto yang mengenakan pakaian adat Jawa menyebut, anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktifitas pembelajaran merdeka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Upacara Hardiknas tamu undangan mengenakan baju adat.

Lanjut Bupati, Para Kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya dan sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kuakitaslayansn pendidikan.

Selain itu, para guru berlomba lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka mengajar. Selanjutnya guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.

Masih lanjut Bupati, sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Peringatan Hardiknas tahun 2023, Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar, diharapkan adik adik, mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program program kampus merdeka. 

Dikatakan Maryoto, Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi sepanjang tiga tahun terakhir guna memastikan keberlangsungan dan berkelanjutan gerakan merdeka belajar. (Indh)