Penilaian Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023.

DESA KOTO MESJID - Kembali Desa Koto Masjid menjadi Desa yang mewakili Kabupaten Kampar pada Evaluasi dan pengembangan Desa dan kelurahan Tingkat Provinsi Riau tahun 2023. 

Selamat datang di Kabupaten Kampar tepatnya di Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar. Kami memandang ini sangat penting karena inilah pendorong dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 

Sebagaimana Bahwa kita ketahui telah banyak prestasi yang telah di raih oleh Desa Koto Masjid, sehingga pada tahun ini kita berharap Desa Koto Masjid menjadi Desa terbaik di Riau untuk mewakili Riau pada tingkat Nasional. 

Hal ini dikatakan Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE.MM saat menerima tim evaluasi dan pengembangan penilai lomba Desa dan kelurahan Tingkat provinsi Riau tahun 2023 di Aula Gallery UMKM Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar, Rabu 21/06. Ikut menyambut tim Penilai diantaranya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kampar Lukmansyah Badoe, S.Sos, M.Si Camat XIII Koto Kampar Zulfikar, S.Ag, M.Si, Kepala Desa Koto Masjid Arjunalis dan seluruh perangkat desa Koto Masjid.

"Kami melihat ini sangat penting dalam mendorong inovasi Desa, salah satu indikator disamping indikator wilayah, pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat, kita lihat Desa Koto Masjid sudah memenuhi Indikator ini," Kata Mhd Firdaus.

Sementara itu Ketua tim penilai Iswandi, SP, M.Si yang juga Sekretaris PMD Dukcapil Provinsi Riau Dalam arahan menyampaikan bahwa seharusnya bulan Mei ini telah selesai penilaian Desa, namun telah kita koordinasikan dengan Kemendagri untuk Riau masih bisa kita lakukan penilaian hingga akhir juni ini. 

"Kami berterima kasih bahwa penilaian ini langsung disambut oleh Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE.MM, ini berkah tersendiri bagi kami,"kata Iswandi.

Lanjut dia, Penilaian ini memiliki beberapa indikator sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Permendagri Nomor 18 Tahun 2015, Ada tiga bidang utama penilaian Pemerintahan, kewilayahan, pemerintahan, Pemberdayaan serta indikator pendukung lainnya seperti inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa bersama lembaga kemasyarakatan Desa dalam wujud partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan pemberdayaan kemasyarakatan.

"Kami bersama tim dari unsur PMD Dukcapil Riau, Bagian Tata Pemerintahan, Kesehatan, pendidikan, Inspektorat siap melakukan penilaian dengan memverifukasi administrasi dan melakukan peninjauan ke lapangan sesuai dengan indikator," ungkap Iswandi. 

"Kami yakin dan percaya berdasarkan indikator Koto Masjid akan mampu bersaing dengan Desa di Riau, terus gali seluruh potensi desa," ujar Iswandi. 

Sebelumnya Kepala Desa Koto Masjid Arjunalis menyatakan selamat datang di Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar, disini dapat menjelaskan tentang Profil Desa Koto Masjid mulai dari sejak berdirinya pada tahun 1999, maupun Kondisi saat ini, ia juga menerangkan terkait peluang dan kondisi alam yang dijadikan sebagai pusat komoditi Perikanan dan wisata. 

Perkembangan terus kami lakukan hingga sekarang telah memiliki pusat produksi hasil perikanan dengan Ribuan kolam, produk turunan perikanan, sebagaimana motto tiada rumah tanpa kolam, begitu dengan destinasi wisata yang sangat banyak di desa Koto Masjid dengan alam yang asri dan sejuk.

"Ini semua berkat kerjasama, kesungguhan dan tekad ingin maju dari seluruh komponen masyarakat Koto Masjid, sehingga Koto Mesjid menjadikan Koto Mesjid sebagai penghasil terbesar ikan tawar di Riau, selain itu masih banyak prestasi yang telah kami peroleh,"kata Arjunalis.

"Harapan hari ini juga dapat kami raih dalam penilaian lomba Desa dan kelurahan Tingkat Provinsi Riau tahun 2023 ini," harap Arjunalis. 

"Kami siap menjadi pusat wisata alam maupun pusat perikanan, support dan dukungan dari Pemerintah Provinsi Riau, Kabupaten Kampar maupun Kecamatan XIII Koto Kampar,"Pinta Arjunalis.

Diakhir penilaian Pj Bupati Kampar dan Ketua tim penilai berkenan meninjau dan mencoba produk olahan hasil perikanan di sentra produksi Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar. (INFOTORIAL)