Foto : Bersama Danrem 081/ DSJ  Kolonel Inf H.Sugiyono, Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo meresmikan Sumur Bor Program TNI AD Manunggal Air Bersih di Desa Sawo.

Suaramuda.com - Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo bersama Danrem 081/Dsj Kol. Inf H. Sugiyono S.Sos., M.Si meresmikan fasilitas air bersih program TNI AD Manunggal air bersih di Desa Sawo Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Selasa (25/7/2023).

Bupati Tulungagung mengapresiasi atas diresmikannya fasilitas air bersih, karena pada saat musim kemarau masyarakat di Desa Sawo mengalami kesulitan mendapat air untuk mengairi lahan pertanian dan mendapatkan akses air bersih.

Adanya program TNI AD manunggal air melalui pembangunan sumur bor di Desa Sawo Kecamatan Campurdarat yang dilaksanakan oleh Batalyon Zeni Tempur 5/ABW Kodam V/Brawijaya telah membawa dampak positif dengan perairannya.

"Sumur bor ini untuk mengairi sawah hingga tiga desa yaitu, lahan pertanian di Desa Sawo seluas 50 hektar, Desa Gedangan seluas 149 hektar, dan Desa Gamping seluas 385 hektar, sehingga total lahan pertanian terdampak seluas 557 hektar," kata Bupati Maryoto.

Selain itu, pembangunan sumur bor di Desa Sawo juga bisa memenuhi kebutuhan air bersih sebanyak 1900 Kartu Keluarga (KK).

" Atas nama Pemkab Tulungagung, saya selaku Kepala Daerah sangat berterima kasih atas pelaksanaan program TNI Manunggal Air dalam rangka mendukung pemenuhan kebutuhan masyarakat air bersih, mendukung tahapan aktif air minum 100 persen, serta dalam rangka membantu infrastruktur yang lainnya," ungkap Bupati Maryoto.

Dalam kesempatan yang sama, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono menyampaikan, bahwa kelangkaan air bersih akan menghambat perkembangan wilayah dan makin memperburuk taraf hidup manusia. Hal ini berdampak terhadap kemiskinan, menghambat pertumbuhan ekonomi, dan berdampak terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Disebutkannya, bagi mereka yang tinggal di wilayah rentan krisis air, TNI Angkatan Darat hadir di tengah tengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan dengan membangun pompa air, yaitu hidrolik atau pompa hidram untuk mengatasi keterbatasan akses air bersih.

Sebelumnya, pada tanggal 23 Maret 2022 Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin langsung pencanangan program TNI AD Manunggal Air serentak dan tersebar di wilayah Indonesia. "Mudah mudahan setelah diresmikan fasilitas air bersih ini dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar," tuturnya. (Indh)