Foto : Belum Ada Sawah Kekeringan Akibat Musim Kemarau 

Suaramuda.com - Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung hingga saat ini belum menemukan ada sawah mengalami kekeringan pada musim kemarau.

Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung Gatot Rahayu mengaku selama ini belum menjumpai sawah pertanian kekeringan.

"Mata air masih cukup, jika ada tanaman yang mengalamai kekeringan akan dilakukan pengairan dengan menggunakan pompa air, air di ambil dari sungai, sumur sumur pantek dan embung/ bedungan yang tersedia,"kata Gatot (15-8-2023).

Kata dia, Tidak adanya sawah kekeringan, pihaknya akan terus melakukan perawatan sarana irigasi dan menyampaikan ke petani petani untuk memanfaatkan embung jika kemarau panjang.

Menurutnya, dengan tidak adanya hujan saat kemarau petani banyak yang gembira karena tanaman palawija hanya membutuhkan air yang cukup. Sebaliknya, justru kalau turun hujan petani palawija jantungnya berdebar," tambah Gatot.

Sementara itu, yang di perhatikan Dinas pertanian adalah ketersediaan pompa air dan kemudahan dalam pembelian BBM utk pompa sebagai pengairan tanaman. (Indh).