Foto : Eldja Septarima, Ketua FPTI Inhu Bersama Dinda Nafila, Atlet Muda Berbakat Panjat Tebing Riau Asal Kuansing.

Suaramuda.com - Ketua Cabang Olahraga (Cabor) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Eldja Septarima mengatakan, dirinya merasa terpanggil untuk mendukung Dinda Nafila, atlet Panjat Tebing berbakat Provinsi Riau asal Kabupaten Kuantan Singingi.

"Sebagai Ketua Panjat Tebing Inhu saya merasa terpanggil untuk memberikan support kepada Dinda Nafila atlet Kuantan Singingi, apalagi Dinda datang tidak didampingi official-nya," ucap Eldja Septarima pada Wartawan, Minggu (13/8/2023).

Bagi Septarima, semua atlet di Riau harus didukung, apalagi atlet muda berbakat seperti Dinda Nafila ini. "Bagi saya, semua atlet harus kita dukung dan kita support bersama untuk prestasi Provinsi Riau. Kuantan Singingi ini menyimpan atlet-atlet Panjat Tebing yang berpotensi," ungkapnya.

Prestasi dan bakat besar pada diri Dinda ini, kata dia bisa dilihat pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov X) tahun 2022 lalu. Di mana cabor Panjat Tebing dilaksanakan di Kabupaten Indragiri Hulu. 

"Kalau minat dan bakat masyarakat Kuantan Singingi besar terhadap Panjat Tebing. Sayang jika mereka belum ada medianya yang mendukung potensi yang ada," ujarnya.

Ia juga akan berkoordinasi dengan pihak FPTI Kabupaten Kuantan Singingi agar pembangunan sarana dan prasarana olahraga Panjat Tebing segera dibangun. "Nanti saya akan berkoordinasi dan memberikan masukan pada stakeholder yang ada di Kuantan Singingi terkait pembangunan venue Panjat Tebing. Saya ini kan pernah membidangi olahraga di Kabupaten Indragiri Hulu. Jika dibutuhkan Kuansing, nanti saya akan sampaikan regulasinya," tuturnya.

Eldja menceritakan, Dinda Nafilah memulai karir Panjat Tebingnya dengan pergi berlatih ke Kabupaten Inhu. Hal ini disebabkan oleh ketiadaan fasilitas olahraga Panjat Tebing yang memadai di Kabupaten Kuantan Singingi.

"Dinda juga memulai karir Panjat Tebingnya dengan berlatih di Inhu. Jadi support-nya juga bukan hanya saat ini saja. Tapi jauh hari sudah diberikan perhatian dan support tanpa mengabaikan atlet yang lainnya," tutup Eldja.

Sebagai informasi, Dinda Nafila pernah berlatih Panjat Tebing di Inhu selama 1 tahun 4 bulan. Kemudian ia dikirim ke Kampar selama 6 bulan . Ia merupakan atlet muda berbakat yang dimiliki Provinsi Riau saat ini.-***