Foto : Komit Dengan Penyelamatan Lingkungan Hidup, Ketua DPRD Kampar Terima Penghargaan Nirwasita Tantra dari Pemerintah RI

Suaramuda.com - Atas komitmen dan kebijakan yang di tunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Kampar dan DPRD Kampar terhadap kepedulian dan kebijakan terhadap memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya, Pemerintah RI memberikan penghargaan kepada Ketua DPRD Kampar.

Penghargaan yang diterima langsung Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal, ST tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup RI Profesor Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup RI di Jakarta, Selasa, 28/08. 

Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atau Ketua DPRD Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodelogi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. 

Dasar pemberian penghargaan Nirwasita Tantra ini dinilai dari Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang disusun setiap tahun oleh provinsi, kabupaten/ kota. DIKPLHD disusun oleh Tim yang dibentuk oleh Kepala Daerah, yang keanggotaannya melibatkan unsur-unsur Organisasi Perangkat Daerah terkait, Perguruan Tinggi, dan Lembaga Masyarakat. Tim tersebut harus dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Daerah.

Dikatakan Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal bahwa komitmen kita bersama dengan Pemkab Kampar terhadap penganggaran terhadap program terkait dengan perbaikan mutu lingkungan hidup.

DPRD Kampar siap memberikan dukungan untuk mensukseskan dan pengelolaan Lingkungan Hidup terutama dalam mengatasi isu prioritas lingkungan hidup melalui dukungan anggaran, Legislasi dan pengawasan.

Dari anggaran APBD Kampar Tahun 2021 sebesar Rp. 2,514 Triliun sebesar Rp. 32 Milyard atau 1,27 Persen kita alokasikan untuk program lingkungan hidup, ini meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 0,7 Persen.

Sedangkan disisi Legislasi kita bersama dengan Pemkab Kampar meenerbitkan peraturan daerah terhadap Penyelamatan lingkungan hidup, hal ini juga kita Perkuat dengan fungsi pengawasan dimana terhadap Anggaran maupun terhadap laporan - laporan dan hasil informasi terhadap adanya kegiatan yang dapat merusak ekosistem dan lingkungan hidup seperti galian C ataupun adanya limbah dari perusahaan - perusahan yang beroperasi di Kampar, kita bersama tim Yustisi Pemkab Kampar.

"Kami juga mengucapkan terima kasih Kepada Pemkab Kampar atas berjalannya program Penyelamatan lingkungan hidup, begitu juga terhadap salah satu OPD yakni Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar yang menjadi stakeholder dalam pengimplementasian program yang berkaitan dengan program lingkungan Hidup," Tutup Faisal lagi. 

Sementara Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar Yuricho Efril S.STP pada kesempatan yang sama menyatakan Nirwasita Tantra ini merupakan hasil screening dari dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (IPKHLD) memuat dokumen yang berisi informasi tentang kinerja pengelolaan lingkungan hidup oleh pemerintah daerah tahun 2021 lalu.

Dokumen ini menjadi bagian penting sebagai sarana penyediaan data dan informasi lingkungan hidup sehingga dapat menjadi acuan kebijakan dan perencanaan pemerintah daerah dalam menentukan prioritas pembangunan sesuai prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan hidup.

Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) ini juga sebagai bentuk akuntabilitas kepada publik sehingga dapat menunjang pencapaian tata kelola pemerintahan yang baik sesuai semangat reformasi birokrasi.

Setelah melalui penilaian dari dokumen yang dikirim oleh daerah, Tim Penilai kemudian melaksanakan wawancara kepada kepala daerah yang dinilai telah layak untuk mendapatkan anugerah Nirwasita Tantra, berdasarkan dokumen yang dikirimkan. (INFOTORIAL)