Foto : Direktur RSUD Bangkinang, dr Asmara Fitrah Abadi

Suaramuda.com - Direktur RSUD Bangkinang, dr Asmara Fitrah Abadi mengatakan, hingga Juli 2023 ini, tunggakan Jamkesda Pemkab Kampar sudah mencapai 14 miliar lebih.

Walaupun tunggakan sudah sangat besar, RSUD kata Fitrah, tak akan membatasi warga miskin untuk berobat.

Diterangkan dokter yang akrab disapa Ifie ini, tunggakan sebesar itu membuatnya pusing lantaran sudah sangat mengganggu arus kas di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) itu.

Namun, ia mengatakan tak bisa berbuat banyak menghadapi situasi ini, selain mengadu ke pimpinan, dan berkomunikasi ke kalangan DPRD agar permasalahan ini dapat dicari solusi agar RSUD tak sampai kolaps.

Terkait kondisi ini, Ifie mengaku sudah menghadap Penjabat Bupati Muhammad Firdaus untuk melaporkan kondisi yang ia hadapi di RSUD Bangkinang.

Ditanya, mengenai besarnya tunggakan Pemkab di RSUD Bangkinang, Pj Bupati Kampar segera akan mencari solusi untuk mengangsur tunggakan 14 miliar itu.

Ia juga meminta dukungan dari kalangan DPRD, agar tunggakan besar itu dapat terbayarkan.

"Ini harus kita selesaikan, karena pembayaran itu ibarat, uang kita sendiri yang pindah kantong saja. Kalau kita dibayar, kan itu jadi uang RSUD yang jadi pemasukan ke daerah kita juga," ungkap Firdaus, saat ditemui di sela Rapat Paripurna MoU KUA-PPAS APBD Kampar 2024, Senin (31/6/2023).

Oleh sebab itu, Firdaus pun mengaku akan secepatnya mencari solusi untuk mengatasi hal ini bersama stakeholder terkait.