Foto : Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo dan Wakil Bupati Gatut Sunu Wibowo saat bersalaman dengan ASN lingkup pemkab Tulungagung

Suaramuda.com - Menjelang purna tugas Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo menggelar apel besar dengan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di halaman Pemkab Tulungagung, Senin (18/9/2023).

Dalam apel itu, Bupati menyampaikan permintaan maaf sekaligus pamitan ke semua kepala dinas dan ASN lingkup Pemkab yang akan berakhir jabatannya, pada 25 September 2023.

Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo mengungkapkan, kegiatan apel bersama ASN secara formal dalam satu jajaran Organisasi pemerintah termasuk pemerintahan Kabupaten Tulungagung yang merupakan sentral untuk menjalankan pemerintah dan pembangunan di daerah merupakan momen baik untuk berpamitan.

Silaturahmi ini diharapkan tetap berlanjut, dan berkesinambungan. "Namanya tugas adalah pengabdian. Siapapun pejabatnya harus tetap bekerja baik, mencintai pekerjaannya, serta disiplin. Disiplin untuk pekerjaan dengan sebaik baiknya. Serta berbuat amar ma ruf nahi Mungkar, yang mana kamu mengerjakan tugas sesuai dengan ketentuan dan menjalin hal hal yang tebaik,"ucap Bupati Maryoto.

Bupati mengatakan, Berbagai prestasi sudah dicapai, khususnya dalam pembinaan desa, yang ditandai lomba desa, juga program program PKK Lestari, program infrastruktur percepatan pembangunan pedesaan hingga penanganan Covid- 19, dan penanganan stunting telah disampaikan oleh Wakil Bupati tentang penanggulangan kemiskinan yang bebas dari kemiskinan ekstrem.

"Lima prioritas pengembangan yang ditetapkan pemerintah diantaranya, peningkatan SDM yaitu SDM di bidang pendidikan, kesehatan harus baik termasuk penanganan stunting,"ungkapnya.

Selanjutnya, Infrastruktur harus teratasi dengan baik, meskipun terjadi cuaca ekstrem berdampak infrastruktur tidak menjadi alasan dan tetap diupayakan bagus. 

Untuk Regulasi, bahwa pelayanan tidak boleh berbelit belit, terlebih dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus tepat dan cepat.

Debitokratisasi adalah menghindari adanya proses proses yang sulit . Kemudian Tranformasi ekonomi, bagaimana membuat masyarakat itu sejahtera, 

Untuk infrastruktur yang perlu dibenahi adalah daerah bagian selatan. Karena di wilayah selatan itu kondisi lingkungan merupakan daerah pegunungan , jika diatas tidak ditanami pola tanam yang baik maka berakibat tanah longsor menyebabkan rusaknya sejumlah infrastruktur.

" Padahal di sana juga dikembangkan beberapa industri batu alam secara lengkap, seperti kerajinan marmer, dan kerajinan kerajinan lain salah satunya batu batu kecil untuk pembangunan. Selain itu, ada potensi wisata yang sangat luar biasa dan terima kasih sudah dipublikasikan oleh teman teman,"kata Bupati Maryoto.

Melihat perceraian ASN lingkup pemkab Tulungagung tergolong tinggi, untuk itu Bupati Tulungagung memotivasi dan memberi dorongan agar ASN tidak lagi bercerai. (Indh).